HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KETINGGIAN LOMPATAN DENGAN HASIL JUMPING SERVICE PADA KLUB BOLAVOLI PUTRA BRAVO BANJARNEGARA TAHUN 2015


Achmad Rizqi Almajid , 6301411015 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KETINGGIAN LOMPATAN DENGAN HASIL JUMPING SERVICE PADA KLUB BOLAVOLI PUTRA BRAVO BANJARNEGARA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian diklub bolavoli putra BRAVO Banjarnegara ini adalah: (1) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil jumping service ? (2) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot perut dengan hasil jumping service (3) Apakah ada hubungan antara ketinggian lompatan dengan hasil jumping service ? (4) Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, ketinggian lompatan, dengan hasil jumping service ? Jenis penelitian ini adalah survey dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran, jumlah sampel 15 atlet putra BRAVO Banjarnegara. Instrumen yang digunakan untuk melakukan tes kekuatan otot lengan menggunakan alat pull and push dynamometer , kekuatan otot perut menggunakan tes sit up ,ketinggian lompatan menggunakan vertical jump dan jumping service menggunakan papan sasaran servis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara: (1) kekuatan otot lengan dengan hasil jumping service, koefesien korelasi parsial sebesar 52,1%. (2) kekuatan otot perut dengan hasil jumping service, koefesien korelasi parsial sebesar 41,7%. (3) ketinggian lompatan dengan hasil jumping service, koefesien korelasi parsial sebesar 83,6%. (4) kekuatan otot lengan,kekuatan otot perut, dan ketinggian lompatan dengan hasil jumping service, koefisien korelasi parsial sebesar 91,4%. Saran dari Penulis: 1) Untuk atlet diharapkan bisa lebih menggali kemampuan atlet dalam melakukan jumping service dengan teknik yang benar.2) Untuk pelatih diharapkan bisa memberikan latihan teknik dasar yang tepat agar menghasilkan jumping service yang mematikan lawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, ketinggian lompatan dan jumping service
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:06
Last Modified: 09 Nov 2017 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27335

Actions (login required)

View Item View Item