PENGGUNAAN MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERHITUNGAN SURVEI PEMETAAN KELAS X GEOMATIKA SMK N 3 SALATIGA DAN SMK N 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN


Alif Rahardhika Nurdani, 5101412016 (2016) PENGGUNAAN MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERHITUNGAN SURVEI PEMETAAN KELAS X GEOMATIKA SMK N 3 SALATIGA DAN SMK N 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Belajar akan mempengaruhi hasil belajar, untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif, serta menarik perhatian siswa, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang inovatif, serta mudah dipahami oleh siswa, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan media edmodo, yakni social networking berbasis lingkungan sekolah yang diharapkan dapat meningkatkan respon dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 3 Salatiga yang secara faktual respon dan hasil belajar siswa rendah karena menggunakan media konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa kelas X Geomatika SMK Negeri 3 Salatiga yang menggunakan media pembelajaran edmodo dengan siswa kelas X Geomatika SMK Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan yang menggunakan metode konvensional, (2) mengetahui efektivitas edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi AutoCAD mata pelajaran Dasar-Dasar Perhitungan Survei Pemetaan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah siswa jurusan Geomatika SMK N 3 Salatiga, SMK N 1 Kedungwuni Pekalongan dan sampel penelitian adalah siswa kelas X Geomatika SMK N 3 Salatiga, dan SMK N 1 Kedungwuni Pekalongan yang berjumlah 72 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Validitas dan Reliabilitas menggunakan rumus Arikunto dan untuk instrumen test diperoleh sebesar r=0,542 dan untuk instrumen angket diperoleh nilai sebesar r=0,773. Tingkat kesukaran soal dalam kriteria sedang dan daya pembeda soal dalam kriteria baik, cukup. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikansi uji-t sebesar 6,813 lebih besar dari = 1,67 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak apabila t > . Dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada materi AutoCAD mata pelajaran Dasar-Dasar Perhitungan Survei Pemetaan yang menggunakan media jejaring sosial edmodo dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Edmodo, Konvensional, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:10
Last Modified: 09 Nov 2017 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item