PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (SKETCHUP) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Wahyu Waskitho Aji , 5101412014 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (SKETCHUP) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi awal di SMK Negeri 2 Salatiga kelas XI Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvesional (ceramah). Materi gambar potongan rumah tinggal dengan metode konvesional (ceramah), didapatkan siswa mengalami kendala yang dapat menghambat proses pembelajaran. Penyebabnya siswa masih bingung untuk memahami materi dan menjadikan siswa kurang antusias atau kurang bersemangat untuk proses pembelajaran. Sehingga perlu ada media pembelajaran baru agar membangkitkan keinginan dan minat siswa untuk membantu memahami materi yang diajarkan guru secara utuh dan menjadikan prestasi belajar siswa meningkat. Media yang digunakan ialah media pembelajaran visual tiga dimensi dengan menggunakan software (SketchUp). Adapun tujuan penelitian ini : 1. Untuk mengetahui penggunaan media visual tiga dimensi (SketchUp) dapat meningkatkan prestasi belajar daripada penggunaan pembelajaran konvesional (ceramah), 2. Untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan media visual tiga dimensi (SketchUp) dengan prestasi belajara yang penggunaan pembelajaran konvesional (ceramah). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dimana dilakukan dengan dua kelas. Setelah dilakukan dengan sistem undian, maka Kelas Kontrol menggunakan kelas Teknik Gambar Bangunan B (TGB-B) dan untuk Kelas Eksperimen menggunakan kelas Teknik Gambar Bangunan A (TGB-A). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata rata (uji t) dan uji peningkatan hasil belajar (uji n-gain). Hasil penelitian menunjukkan nilai (uji t) post test sebesar 5,288, karena t pada daerah penolakan Ho, maka kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dan nilai kognitif siswa kelas eksperimen 0,54 (54%) masuk kriteria sedang dan kelas kontrol 0,24 (24%) masuk kriteria rendah. Kelas eksperimen mendapat peningkatan yang signifikan sebesar 0,24 (24%) dari kelas kontrol. Nilai psikomotorik (menggambar) siswa kelas eksperimen sebesar 0,55 (55%) dan kelas kontrol 0,29 (29%). Kelas eksperimen mendapat peningkatan yang signifikan 0,26 (26%) daripada kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah 1. Penggunaan media pembelajaran visual tiga dimensi (SketchUp) dapat menjadikan prestasi siswa lebih baik daripada menggunakan metode konvesional (ceramah), dbuktikan dengan nilai (uji t) sebesar 5,288. 2. Prestasi belajar mengalami peningkatan yang signifikan antara nilai kognitif dan nilai psikomotorik, dibuktikan dengan (uji gain) nilai kognitf mendapat peningkatan sebesar 0,24 atau (24 %) sedangkan nilai psikomotorik sebesar 0,26 atau (26 %).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajara Visual Tiga Dimensi, SketchUp, Prestasi Belajar.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:11
Last Modified: 09 Nov 2017 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item