PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DETAIL KUDA-KUDA KAYU PADA PERENCANAAN STRUKTUR RANGKA ATAP KAYU MATA KULIAH STRUKTUR KAYU JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Muhammad Hadi Nur Cahyono, 5101412007 (2016) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DETAIL KUDA-KUDA KAYU PADA PERENCANAAN STRUKTUR RANGKA ATAP KAYU MATA KULIAH STRUKTUR KAYU JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada Mata Kuliah Struktur Kayu saat ini dibutuhkan beberapa inovasi untuk penyampaian materi kuliah terlebih pada materi kuda-kuda kayu, penyampaian materi terkadang kurang bisa dipahami mahasiswa dikarenakan belum adanya media yang mampu menggambarkan secara rinci, dikarenakan ukuran asli dari kuda-kuda kayu terlalu besar. Dengan adanya media pembelajaran detail kuda-kuda kayu berbasis aplikasi, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui detail materi tentang perencanaan struktur rangka atap kayu dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses perancangan media detail kuda-kuda kayu dan mengetahui persentase validasi media sebagai pendukung proses pembelajaran. Tempat penelitian berada di jurusan teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Dengan batasan masalah penelitian ini hanya sampai pada perancangan media saja, tidak sampai implementasi media. Dan focus materi hanya pada sub materi perencanaan strukttur rangka atap kayu pada mata kuliah struktur kayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket sebagai alat untuk pengambilan data dan penyajian data berupa deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media detail kuda-kuda kayu dengan software menurut dosen ahli materi menyatakan sangat baik dengan prosentase 100%, dosen ahli media menyatakan sangat baik dengan prosentase 88.93% dan persespsi mahasiswa menyatakan sangat baik dengan prosentase 84,84%.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Detail Kuda-kuda Kayu pada Perencanaan Struktur Rangka Atap Kayu layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk mata kuliah Struktur Kayu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Struktur Kayu
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 15:11
Last Modified: 09 Nov 2017 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27331

Actions (login required)

View Item View Item