PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FINISHING BANGUNAN XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 3 SEMARANG


Ariana Laily Ni’mah, 5101412003 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FINISHING BANGUNAN XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran Finishing Bangunan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini tidak sesuai dengan sistem pembelajaran kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Finishing Bangunan untuk memenuhi tuntutan sistem pembelajaran kurikulum 2013. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Picture and picture. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “Apakah penerapan model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Finishing Bangunan kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 3 Semarang?” Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan kelas XI TKBB 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Picture and picture dan XI TKBB 2 sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and picture efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kognitif siswa setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Picture and picture dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 68,15 dan rata-rata nilai post-test yaitu 81,11. Sedangkan rata-rata nilai pre-test untuk kelas kontrol yaitu 58,52 dan rata-rata nilai post-test yaitu 70,00. Sedangkan dari ketuntasan belajar siswa, persentase ketuntasan siswa pada kelas eksperimen mencapai 75,00% sedangkan untuk kelas kontrol mencapai 25,00%. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakn model pembelajaran Picture and picture lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian tersebut terbukti bahwa model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model pembelajaran Picture and picture, Finishing Bangunan.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:56
Last Modified: 09 Nov 2017 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27329

Actions (login required)

View Item View Item