PEMANFAATAN OBJEK WISATA PANTAI PURWAHAMBA INDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI HIDROSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Puji Rezqi Mulasih , 3201412053 (2016) PEMANFAATAN OBJEK WISATA PANTAI PURWAHAMBA INDAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI HIDROSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (643kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang pasif membuat peserta didik menjadi bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran, upaya yang dapat dilakukan yaitu memanfaatkan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemanfaatan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar materi hidrosfer siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kramat? 2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar materi hidrosfer siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kramat? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemanfaatan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar materi hidrosfer siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kramat. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar materi hidrosfer siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kramat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Kramat. Pengambilan sampel menggunakan teknik “Simple Random Sampling” menghasilkan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, kuisioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pembelajaran dengan memanfaatkan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar lebih menyenangkan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket tanggapan siswa yang diperoleh hasil setuju 10% dan sangat setuju 90%. 2) Pembelajaran dengan memanfaatkan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat dilihat dengan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Perbedaan nilai rata-rata pretest lebih rendah yaitu 58,6 dibandingkan dengan rata-rata post-test yaitu 81,5. Simpulan penelitian ini adalah Pemanfaatan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar lebih memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran geografi, dan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan objek wisata Pantai Purwahamba Indah sebagai sumber belajar. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu guru perlu mempertimbangkan waktu belajar sebelum pembelajaran di luar kelas dilaksanakan dan Kepala sekolah perlu memberikan izin untuk pelaksanaan pembelajaran di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Objek Wisata, Sumber Belajar, Hasi Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:34
Last Modified: 09 Nov 2017 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27326

Actions (login required)

View Item View Item