PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN SAMBUNGAN GIGI PADA MATA KULIAH STRUKTUR KAYU MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL UNNES


Verra Murtiastuti , 5101412002 (2016) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN PERENCANAAN SAMBUNGAN GIGI PADA MATA KULIAH STRUKTUR KAYU MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan penjelasan dosen pengampu mata kuliah struktur kayu bahwa perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya adalah pembuatan modul untuk mahasiswa, dengan harapan adanya modul tersebut akan dijadikan sebagai materi pendamping belajar mata kuliah struktur kayu dan memotivasi minat belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah pembuatan modul perencanaan sambungan gigi tunggl dan gigi rangkap serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul sebagai bahan pendamping belajar mata kuliah struktur kayu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket sebagai alat untuk pengambilan data dan penyajian data berupa deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Perencanaan Sambungan Gigi Tunggal dan Gigi Rangkap menurut ahli materi menyatakan sangat baik dengan presentase 88,99%, ahli media menyatakan sangat baik dengan presentase 82,93% dan persespsi mahasiswa menyatakan sangat baik dengan presentase 82,92%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa langkah pembuatan modul dimulai dengan pembuatan tabel format analisis kebutuhan, lalu peta modul selanjutnya desain pembuatan modul,sesuai dengan batasan masalah yang telah disebutkan bahwa penelitian ini hanya sampai desainn modul, selanjutnya validasi dan uji persepsi mahasiwa sebagai pelengkap validasi Modul Perencanaan Sambungan Gigi Tunggal dan Rangkap pada Mata Kuliah Struktur Kayu dapat digunakan sebagai bahan pendamping belajar mandiri mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dalam mengikuti mata kuliah Struktur Kayu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, sambungan gigi,struktur kayu
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:43
Last Modified: 09 Nov 2017 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27324

Actions (login required)

View Item View Item