Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kajian Konstruksi Balok Sederhana Kelas X di SMK Negeri 2 Salatiga


IRVAN AFRIANDA FAISAL , 5101411075 (2016) Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kajian Konstruksi Balok Sederhana Kelas X di SMK Negeri 2 Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode pembelajaran konvensional masih dilakukan pada mata pelajaran mekanika teknik. Hal tersebut tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk menjadi subyek aktif dan mandiri. Sehingga dibutuhkan suatu desain pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran mekanika teknik untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu pengembangan desain yng dilkukan adalh denga mengguanakan metode edutainment. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “Bagaiamana mengembangkan desain pembelajaran pada mata pelajaran mekanika teknik kajian konstruksi balok sederhana dan apakah desain yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013?” Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas desain pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran. Uji kelayakan desain pembelajaran dilakukan untuk mengetahui apakah desain yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dan sesuai dengan kurikulum 2013. Hasil rata-rata peilaian dari tim ahli untuk desain pembelajaran ini adalah sebesar 82,87%. Angka 82,87% didapat dari rata-rata penilaian tim ahli untuk empat aspek pada desain pembelajaran yaitu aspek tujuan, aspek proses, aspek pembelajar, aspek evaluasi. Dengan pencapaian nilai setiap aspek adalah untuk aspek tujuan sebesar 88,89%, untuk aspek proses sebesar 84,52%, untuk aspek pembelajar sebesar 78,13%, dan untu aspek evaluasi sebesar 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terbukti bahwa desain yang telah dikembengkan ini layak digunakan dan sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran; Edutainment; Mekanika Teknik
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:43
Last Modified: 09 Nov 2017 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27323

Actions (login required)

View Item View Item