PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 KEDUNGWUNI


Muchamad Syaiful Amri , 5101411070 (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran konvensional masih dilakukan pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Hal tersebut tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, peserta didik menjadi subyek aktif dalam pembelajaran. Sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran konstruksi bangunan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Talking Stick (Tongkat Bicara). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “Apakah model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar dan lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Kedungwuni?” Model penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dimana subjek penelitian ini adalah peserta didik pada kelas X TGB 1 (kelas kontrol) dan X TGB 2 (kelas eksperimen), dengan hasil belajar sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai kognitif kelas kontrol sebesar 82,97 sedangkan nilai rata-rata nilai kognitif kelas ekperimen sebesar 87,10 dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) thitung > ttabel (2,54 > 1,67). Rata-rata nilai afektif peserta didik kelas kontrol sebesar 81,11 sedangkan rata-rata nilai afektif kelas eksperimen sebesar 88,64 dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) thitung > ttabel (4,12 > 1,67). Rata-rata nilai psikomotorik kelas kontrol sebesar 84,02 sedangkan rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen sebesar 88,24 dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) thitung > ttabel (2,59 > 1,67). Hal tersebut menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Hasil penelitian tersebut terbukti bahwa model pembelajaran Talking Stick (Tongkat Bicara) lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran yang selama ini dilakukan dilihat dari berbagai aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Konstruksi Bangunan; Talking Stick.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:43
Last Modified: 09 Nov 2017 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27322

Actions (login required)

View Item View Item