PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MEKANIKA TANAH BERBASIS MACROMEDIA TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNNES


Ibrohim, 5101411053 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MEKANIKA TANAH BERBASIS MACROMEDIA TERHADAP PRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu mekanika tanah merupakan ilmu dasar yang meliputi soil testing tentang karakteristik tanah dan klasifikasi tanah untuk mengetahui kekuatan sifik tanah. Berdasarkan identifikasi, diperlukan suatu alternatif agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan, media pembelajaran berbasis Macromedia Flash merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dengan beberapa keunggulannya. Media pembelajaran berbasis Macromedia Flash merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli media dan menggunakan metode tes untuk mengetahui pemahaman materi mahasiswa setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash. Metode yang dipergunakan dalam pembelajaran ini metode eksperimen, dimana subjek penelitian ini yaitu semua mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang yang mengikuti mata kuliah Mekanika Tanah Sub Bahasan Boring dan SPT tahun ajaran 2015/2016. Terdapat dua kelas yakni kelas kontrol dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun ajaran 2015/2016 rombel 1 sedangkan dan yang menjadi kelas eksperimen adalah semua mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun ajaran 2015/2016 rombel 2 yang mengambil mata kuliah Mekanika Tanah. Rincian hasil penelitian adalah nilai rata-rata post test pada kelas kontrol dan eksperimen. Untuk nilai rata-rata post test pada kelas kontrol adalah 74,17 sedangkan pada kelas eksperimen adalah 80,75. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dapat meningkatkan rata-rata nilai hasil pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Mekanika Tanah Sub Bahasan Boring dan SPT.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:34
Last Modified: 09 Nov 2017 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27321

Actions (login required)

View Item View Item