EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE GROUP INVESTIGATION YANG DIVARIASIKAN DENGAN MAKE A MACTH MATERI POKOK HIDROSFER KELAS VII SMP NEGERI 2 PATEBON KENDAL TAHUN 2015/2016


Aisyah Rienni , 3201412051 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE GROUP INVESTIGATION YANG DIVARIASIKAN DENGAN MAKE A MACTH MATERI POKOK HIDROSFER KELAS VII SMP NEGERI 2 PATEBON KENDAL TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (470kB) | Preview

Abstract

Geografi sebagai salah satu cabang dari ilmu pengetahuan sosial yang diajarkan di sekolah mempunyai andil bagi kehidupan sehari-hari. Hasil observasi awal di SMP Negeri 2 Patebon Kendal diperoleh bahwa siswa kelas VII menganggap mata pelajaran geografi sebagai mata pelajaran yang bersifat hafalan saja, membosankan, dan banyak terdapat konsep-konsep. Selain itu aktivitas belajar siswa masih kurang, hal ini ditunjukkan dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif. Untuk mengatasi masalah siswa yang kurang aktif pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer, maka dilakukan penelitian melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type Group Investigation yang divariasikan dengan Make a Match. Group Investigation adalah suatu model yang menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Make a Match adalah suatu alat bantu pembelajaran berupa beberapa kartu yang berisikan kartu soal dan kartu jawaban yang masih teracak, dan siswa diminta untuk mencocokannya dengan waktu yang telah ditentukan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Prosedur penelitian ini pada tahap awal membuat perangkat pembelajaran, instrumen, menguji coba instrumen pada kelas ujicoba, menentukan butir soal, melakukan pre test. Pada tahap selanjutnya menerapkan model pembelajaran kooperatif type Group Investigation yang divariasikan dengan Make a Match pada kelas eksperimen dan metode konvensional pada kelas kontrol, dan melaksanakan post test. Tahap akhir penelitian, menganalisis hasil tes. Ketercapaian rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu pre test 63,85 dan post test 79,17. Kelas kontrol yaitu pre test 62,50 post test 68,54. Peningkatan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen diperoleh 42,4% masuk kategori sedang dan untuk kelas kontrol 16,1% masuk kategori rendah. Aktivitas siswa selama pembelaran berlangsung juga meningkat, lebih tinggi pada pertemuan ke tiga yaitu 87,14% termasuk kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran juga termasuk kriteria sangat baik dengan persentase mencapai 89,05%. Dari keempat subvariabel, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sudah dikatakan efektif karena sudah memenuhi syarat-syarat dari indikator efektivitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evektifitas, Pembelajaran, Group Investigation, dan Make a Match.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:25
Last Modified: 09 Nov 2017 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item