PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DENGAN METODE PLAY THERAPY MELALUI PUSIJUMP (PUZZLE, MUSIC AND MAGIC JUMP) UNTUK SISWA TUNAGRAHITA


Eri Hidayati , 3201412048 (2016) PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DENGAN METODE PLAY THERAPY MELALUI PUSIJUMP (PUZZLE, MUSIC AND MAGIC JUMP) UNTUK SISWA TUNAGRAHITA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (784kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kesiapsiagaan bencana merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang bencana dan megurangi resiko terkena bencana itu sendiri. Suatu pendidikan tentunya membutuhkan pembelajaran dengan metode dan media dalam penyampaiannya. Metode dan media pembelajaran digunakan untuk memunjang pembelajaran yang efektif, karena efektivitas suatu pembelajaran turut ditentukan oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran kebencanaan gempa bumi dan tsunami dengan metode play therapy melalui Pusijump (puzzle, musik, dan magic jump) pada siswa tunagrahita ringan SMA Luar Biasa Negeri Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan disain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita ringan SMALB Negeri Cilacap. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Sehingga diperoleh siswa kelas X dan XIC sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan efektivitas pembelajaran dalam kategori sangat efektif dengan rata-rata skor 92,14 %. Hasil belajar dinilai dari dua aspek yaitu hasil belajar aspek kognitif (pengetahuan) dan hasil belajar aspek keterampilan (psikomotor). Pada hasil belajar aspek kognitif terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test yakni sebanyak 33%. Sedangkan hasil belajar pada aspek psikomotor juga mengalami peningkatan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test yakni 40%. Dengan adanya yang signifikan peningkatan pada hasil belajar maka pendidikan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami dengan metode play therapy melalui Pusijump aktif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode play therapy melalui Pusijump (puzzle, musik, magic jump) sangat efektif dalam pendidikan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada siswa tunagrahita ringan, sehingga kemampuan dan pengetahuan kebencanaan gempa bumi dan tsunami siswa tunagrahita ringan di SMALB N Cilacap meningkat. Saran dari peneliti, pihak sekolah sebaiknya memasukkan materi pendidikan kebencanaan dalam mata pelajaran Bina Diri. Mengingat daerah SLB Negeri Cilacap memiliki potensi kerawanan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesiapsiagaan bencana, play therapy, tunagrahita pusijump
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:21
Last Modified: 09 Nov 2017 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27319

Actions (login required)

View Item View Item