STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS MAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Tri Endang Karomah , 3201412046 (2016) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS MAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (765kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar Penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa dalam mengembangkan kecerdasan, keaktifan, kreatif dan menyenangkan serta pembelajaran belum memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, banyaknya siswa yang belum tuntas belajar atau nilai di bawah keriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 78 dan aktivitas siswa tergolong rendah yaitu < 50 %, hal ini dapat dilihat dari sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan saat pada guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa materi lingkungan hidup kelas XI IPS MAN Purwodadi kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa materi lingkungan hidup kelas XI IPS MAN Purwodadi kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah True Eksperimen Design, karena adanya kelas kontrol sebagai pembanding kelas eksperimen. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa : dokumentasi, tes, angket dan observasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel pelaksanaan dan variabel hasil belajar. Teknik Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji perbedaan dua rata – rata (Uji t). Hasil penelitianpelaksanaan model pembelajaran menggunakan Jelajah Alam Sekitar (JAS) diketahui besarnya76% termasuk dalam kriteria “baik”, kemudian pada pembelajaran konvensional 62% termasuk dalam kriteria “cukup baik”. maka model pembelajaran menggunakan Jelajah Alam Sekitar lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.terbukti di uji t yang menghasilkan thit sebesar 7,65 dan ttabel 2,042.Pada  = 5% dan dk 30 maka diperoleh ttabel = 2,042. Karena thitung ttabel, maka hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran Jelajah Alam Sekitar lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional “diterima” Saran, hendaknya dapat mengembangkan model – model pembelajaran lainnya sesuai dengan kompetensi.Kepada pihak sekolah agar menyediakan sarana dan prasarana guna menunjang kelancaran belajar dengan melengkapi alat – alat di setiap ruang kelas.Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar, Pembelajaran Konvensional,
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:18
Last Modified: 09 Nov 2017 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27317

Actions (login required)

View Item View Item