EFEKTIVITAS PENYULUHAN PENGELOLA KEBUN RAYA BATURRADEN TENTANG PELESTARIAN LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN ANGGOTA FORUM REMBUG KEBUN RAYA BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS


Asih Budi Lestari , 3201412043 (2016) EFEKTIVITAS PENYULUHAN PENGELOLA KEBUN RAYA BATURRADEN TENTANG PELESTARIAN LINGKUNGAN TERHADAP PENGETAHUAN ANGGOTA FORUM REMBUG KEBUN RAYA BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (596kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui persiapan penyuluhan yang dilaksanakan pengelola Kebun Raya Baturraden terhadap anggota forum rembug. 2) Mengetahui pelaksanaan penyuluhan materi penanaman dan perawatan koleksi tanaman yang diselenggarakan pengelola Kebun Raya Baturraden terhadap anggota forum rembug. 3) Menganalisis hasil nilai anggota forum rembug setelah dilaksanakan penyuluhan materi penanaman dan perawatan koleksi tanaman oleh pengelola Kebun Raya Baturraden. 4) Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi pada pelaksanaan penyuluhan yang diselenggarakan pengelola Kebun Raya Baturraden. Populasi dalam penelitian yaitu warga Desa Kemutug Lor yang tergabung dalam anggota forum rembug berjumlah 48 orang dan 2 penyuluh. Sampel penelitian adalah sebanyak 32 responden yang dipilih dari anggota forum rembug menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini adalah 1) Persiapan penyuluhan, 2) Pelaksanaan penyuluhan, 3) Hasil nilai pengetahuan pelestarian lingkungan, dan 4) Hambatan penyuluhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan penyuluhan sudah baik karena semua indikator sudah disiapkan. Indikator persiapan penyuluhan meliputi identifikasi tujuan ranah kognitif, penentuan kriteria dan instrumen soal, penentuan metode ceramah, dan persiapan administrasi berupa daftar hadir dan resume materi sudah terpenuhi. Untuk pelaksanaan penyuluhan secara keseluruhan sudah berlangsung dengan baik didukung oleh persiapan yang sudah baik. Peserta terlihat antusias saat pelaksanaan penyuluhan dan mengerjakan soal posttest dengan baik. Hasil perhitungan menunjukkan nilai tertinggi peserta penyuluhan sebesar 90 dan nilai terendah sebesar 48. Dari perhitungan didapatkan nilai rata-rata sebesar 68,75 dan peserta penyuluhan yang mencapai KKM dengan skor 60 sebanyak 27 responden atau sebesar 84,37% diperjelas kembali menggunakan analisis uji proporsi satu pihak menggunakan uji z. Diperoleh pada = 5% didapatkan hasil ztabel adalah 1,64 dan zhitung adalah 2,02. Maka Ha diterima dan Ho ditolak dan uji sangat berarti menuntaskan nilai pengetahuan karena zhitung = 2,02 > ztabel = 1,64. Terdapat beberapa hambatan dalam penyuluhan yaitu keterbatasan anggaran, waktu pelaksanaan pada malam hari, serta suhu yang dingin mengakibatkan peserta kurang berkonsentrasi terhadap materi. Saran yang dapat diberikan adalah pengelola Kebun Raya Baturraden perlu melakukan penyuluhan secara berkesinambungan dan lebih berinovasi dalam penggunaan metode maupun media penyuluhan yang digunakan serta pemilihan waktu yang lebih tepat misalnya pada siang hari karena pada malam hari suhu Desa Kemutug Lor sangat dingin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Pengetahuan, Pelestarian Lingkungan.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 14:10
Last Modified: 09 Nov 2017 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27315

Actions (login required)

View Item View Item