PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MAPS PADA SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR NAVIGASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Alfian Adestya Putra , 3201412039 (2016) PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MAPS PADA SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR NAVIGASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (970kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa geografi dan mahasiswa non geografi cukup sering menggunakan aplikasi google maps sebagai sarana kegiatan navigasi. Namun dalam cara penggunaan, membaca peta maupun cara penerapan navigasi diduga terdapat perbedaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa FIS Unnes menjalankan dan menggunakan seluruh fungsi navigasi aplikasi google maps smartphone android, mengetahui bagaimana aplikasi google maps smartphone android dapat dijadikan sarana belajar navigasi bagi mahasiswa FIS Unnes, mengetahui perbandingan dan perbedaan tingkat pemahaman membaca dan menganalisis peta pada aplikasi google maps smartphone android mahasiswa geografi dengan non geografi FIS Unnes. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang yang memiliki smartphone android dengan sampel sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan metode pengujian hipotesis dengan pengujian nilai t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 87% mahasiswa FIS memiliki kemampuan tinggi dalam menggunakan dan menjalankan aplikasi google maps smartphone android, 11% memiliki kemampuan sedang, dan 2 % memiliki kemampuan sangat tinggi. Hasil penelitian selanjutnya adalah perbandingan mahasiswa geografi dengan mahasiswa non geografi dalam hal membaca dan menganalisis peta yaitu mahasiswa geografi mendapatkan persentase sebesar 76% dengan kriteria kemampuan tinggi begitu juga mahasiswa non geografi mendapatkan persentase sebesar 75% dengan kriteria kemampuan yang tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dikatakan hampir tidak ada perbedaan dikarenakan selisih persentase yang hanya sebesar 1% dan dikarenakan aplikasi google maps smartphone android sudah umum digunakan oleh seluruh mahasiswa di FIS Unnes. Berdasarkan hasil persentase sub variabel, mahasiswa geografi lebih unggul dalam persentase sub variabel, terdapat lima sub variabel dengan persentase lebih tinggi yaitu jarak dan waktu tempuh, kenampakan objek, topografi dan morfologi, navigasi perjalanan, serta lalu lintas, transit publik, dan jalur bersepeda, dibandingkan mahasiswa non geografi yang hanya unggul dua persentase sub variabel yaitu posisi dan lokasi, dan orientasi peta. Berdasar pengujian hipotesis tidak ada perbedaan signifikan tingkat pemahaman membaca dan menganalisis peta pada aplikasi google maps smartphne android antara mahasiswa geografi dengan mahasiswa non geografi FIS Unnes. Saran agar mahasiswa FIS Unnes lebih terampil dalam menjalankan dan menggunakan aplikasi google maps, maka harus sering berlatih menggunakan dan menjalankan fungsi-fungsi yang ada baik ketika memiliki waktu senggang namun tidak sedang melakukan perjalanan maupun ketika sedang melakukan perjalanan menuju suatu daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Google Maps, Smartphone Android, Belajar Navigasi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 13:59
Last Modified: 09 Nov 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27312

Actions (login required)

View Item View Item