BROWN CANYON DI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN METODE OUTDOOR STUDY MATERI PEDOSFER UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016


Putri Dewi Iswanti , 3201412026 (0051) BROWN CANYON DI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DENGAN METODE OUTDOOR STUDY MATERI PEDOSFER UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (647kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah pada umumnya menggunakan metode mengajar yang sederhana, yaitu hanya menggunakan metode ceramah. Metode yang digunakan di sekolah seringkali kurang menarik minat belajar siswa di kelas. Guru-guru yang mengajar di kelas hanya menggunakan metode sederhana sehingga membuat siswa mudah bosan dengan pelajaran di sekolah. Guru sering tidak menyadari bahwa lingkungan sekitar dapat dipergunakan untuk sumber belajar, sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran menggunakan Brown Canyon di Semarang sebagai sumber belajar outdoor study dan mengetahui perbandingan nilai afektif, kognitif dan psikomotorik siswa sebelum diterapkan metode outdoor study dan setelah diterapkan metode outdoor study. Subjek dari penelitian adalah siswa-siswa kelas X IS 2 di SMA Negeri 2 Mranggen dan dengan menggunakaan Brown Canyon sebagai sumber belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa: observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan skala linkert, uji normalitas data, uji homogenitas dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses pembelajaran menggunakan Brown Canyon di Semarang sebagai sumber belajar outdoor study yang ditunjukkan dari perencanaan proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X IS di SMA Negeri 2 Mranggen dengan mengunakan metode outdoor study dibandingkan dengan metode sederhana yang diajarkan oleh guru. Saran, perlu adanya kreatifitas guru dalam mengajar. Menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Penggunaan metode yang menarik pada saat penyampaian materi yang diajarakan kepada siswa akan membuat siswa lebih bersemangat dan antusias mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Outdoor study; Sumber Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 13:55
Last Modified: 09 Nov 2017 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27311

Actions (login required)

View Item View Item