ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KONSERVASI DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PADA MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI SEBAGAI KADER KONSERVASI


Ida Listiana , 3201412021 (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KONSERVASI DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PADA MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI SEBAGAI KADER KONSERVASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (586kB) | Preview

Abstract

Pendidikan konservasi menjadi pondasi penting bagi pengembangan intelektual, keterampilan, sikap, dan memotivasi mahasiswa untuk saling menghargai hubungan sesamanya dan lingkungan hidupnya. Jurusan Geografi memiliki peran meningkatkan perilaku peduli lingkungan melalui kompetensi pembelajaran geografi. Masih ada mahasiswa Jurusan Geografi yang membuang sampah tidak pada tempatnya, kurangnya kesadaran merawat tanaman di taman kampus, serta rendahnya partisipasi mahasiswa dalam pengelolaan limbah dan kegiatan penanaman pohon. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Konservasi dengan perilaku peduli lingkungan pada mahasiswa Jurusan Geografi sebagai kader konservasi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pelaksanaan lima program konservasi, Pelaksanaan perilaku peduli lingkungan, dan kendala pelaksanaan pendidikan konservasi dengan perilaku peduli lingkungan pada mahasiswa. Populasi mahasiswa Jurusan Geografi angkatan 2015 sebanyak 141 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified proportional random sampling, jadi sampelnya 70 mahasiswa. Metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan diskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan konservasi memiliki tiga aspek penting yaitu aspek kognitif meliputi proses pemahaman materi konservasi dan menjaga keseimbangan lingkungan, afektif meliputi sikap, nilai, dan komitmen. Sehingga mahasiswa wajib memiliki 11 nilai karakter konservasi Unnes dan menanamkan delapan nilai konservasi yang ada di fakultasnya. Aspek Psikomotorik mahasiswa diwajibkan mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos, penangkaran kupu-kupu, dan taman keanekaragaman hayati. Pelaksanaan mata kuliah ini juga diamalkan dilapangan seperti senam konservasi dan penanaman pohon. Pelaksanaan perilaku peduli lingkungan pada mahasiswa meliputi pengelolaan limbah, energi bersih, keanekaragaman hayati, arsitektur hijau dan transportasi internal, dankeanekaragaman hayati. Sebesar 74% mahasiswa menjawab iya dalam pelaksanaan perilaku peduli lingkungan dalam lima program konservasi Unnes. Hal ini dikarenakan adanya faktor internal dan ekternal seperti pengetahuan dan kesadaran mahasiswa. Kendala dalam pelaksanaan pendidikan konservasi yaitu kurangnya partisipasi warga kampus dalam melaksanakan lima program konservasi secara konsisten, kurangnya waktu praktek dan kunjungan lapangan, kesadaran lingkungan, dan fasilitas belum mendukung. Saran, bagi unit kerja perlu memfasilitasi penyediaan tempat sampah organik dan anorganik yang memadai dalam mendorong perilaku peduli lingkungan, diadakannya pelatihan konservasi melalui program memperingati hari lingkungan. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa dengan pelatihan kaderisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Konservasi, Perilaku Peduli Lingkungan, Kendala .
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 13:51
Last Modified: 09 Nov 2017 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27310

Actions (login required)

View Item View Item