IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN


Lailatun Nikmah , 3201412018 (2016) IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARAN SIAGA BENCANA GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 KARANGANOM KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (567kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Klaten merupakan daerah rawan bencana gempa bumi, SMA Negeri 1 Karanganom merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Klaten yang terkena dampak gempa 27 Mei 2006. BNPB menghimbau untuk melakukan upaya pengurangan risiko bencana di sekolah. Dalam pembelajaran siaga bencana gempa bumi, SMA Negeri 1 Karanganom Klaten mengintegrasikan kurikulum yang berjalan melalui mata pelajaran dan ekstrakurikuler. Demi tercapainya tujuan pembelajaran dengan mengarah pada pengetahuan dan keterampilan siswa mengenai kesiapsiagaan bencana, maka akan dikembangkan menjadi metode pembelajaran simulasi gempa bumi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah efektivitas implementasi metode simulasi dalam pembelajaran siaga bencana gempa bumi, tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi dengan menggunakan metode simulasi dan hubungan antara implementasi metode simulasi dengan tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi di SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi metode simulasi dalam pembelajaran siaga bencana gempa bumi, tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi dengan menggunakan metode simulasi, dan hubungan antara implementasi metode simulasi dengan tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi di SMA Negeri 1 Karanganom Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Sekolah Siaga Bencana yang berjumlah 67 siswa dengan sampel sebanyak 34 siswa secara purposive sampling. Variabel penelitian meliputi implementasi metode simulasi dalam pembelajaran siaga bencana gempa bumi (X) dan tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; 1) Dokumentasi, 2) Observasi, dan 3) Tes. Analisis data dilakukan dengan metode analisis korelasi product moment untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis antara implementasi metode simulasi (X) terhadap tingkat pemahaman siaga bencana gempa bumi pada siswa (Y). Hasil penelitian, menunjukkan metode simulasi sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran siaga bencana gempa bumi. Tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi dalam aspek kognitif dan psikomotorik sangat tinggi. Pengujian hipotesis penelitian dengan uji korelasi product moment diperoleh rxy = 0,483 dengan α=5%, N =17, dan rtabel = 0,482. Karena rhit > rtabel, maka menunjukkan adanya hubungan positif antara implementasi metode simulasi dengan tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi. Artinya jika implementasi metode simulasi baik maka tingkat pemahaman siswa terhadap siaga bencana gempa bumi juga baik. Interpretasi terhadap koefisien korelasi adalah sedang. Saran, dalam pelaksanaan pembelajaran siaga bencana gempa bumi dengan menggunakan metode simulasi supaya lebih meningkatkan komunikasi dan koordinasi kepada siswa dalam hal peringatan dini berupa pemahaman peta evakuasi sekolah dengan tanda dan rambu yang sudah dipasang di sekolah, pemberian pertolongan pertama gawat darurat, dan pendataan pada korban jiwa. Bagi pihak sekolah, agar lebih meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan simulasi kebencanaan seperti tanda dan rambu jalur evakuasi serta peta evakuasi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bencana Gempa Bumi, Kesiapsiagaan, Metode Simulasi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 12:42
Last Modified: 09 Nov 2017 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item