STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Endriani Eka Setiyowati , 3201412010 (2016) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran Geografi di SMA Teuku Umar Semarang masih jarang menggunakan media, lebih sering menggunakan ceramah dan buku.Media pembelajaran yang kurang bervariasi mengakibatkan siswa cepat bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media video dan yang menggunakan media powerpoint?; (2) Apakah hasil belajar penggunaan media video lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar penggunaan media powerpoint?; sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media video dan yang menggunakan media powerpoint;(2) Untuk mengetahui apakah hasil belajar penggunaan media video lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar penggunaan media powerpoint. Desain penelitian ini adalah True Experimentasl Design, karena adanya kelas kontrol sebagai pembanding kelas eksperimen. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas X-2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-3 yang juga berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelian menjunjukkan penggunaan media video lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi pokok bahasan Hidrosfer dibandingkan dengan penggunaan media powerpoint. Proses pembelajaran berjalan dengan baik dan efektif, dibuktikan dengan hasil belajar kognitif siswa yang mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen rata-rata Pre Test sebesar 69,1 dan rata-rata Post Test sebesar 82,1 dengan 33 siswa sudah tuntas. Hasil belajar kognitif pada kelas kontrol rata-rata Pre Test sebesar 68,3 dan rata-rata Post Test sebesar 75,6 dengan 27 siswa yang tuntas. Uji Gain kelas eksperimen diperoleh 0,43 dan 0,23 pada kelas kontrol. Hasil uji t pada taraf signifikansi 5% hasil belajar kognitif Post Test menunjukkan t hitung 4,45 > t tabel 1,99, berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media video dibandingkan dengan yang menggunakan media powerpoint pada pembelajaran Geografi pokok bahasan Hidrosfer. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru diharapkan lebih aktif dalam mencari referensi tentang media-media yang kreatif sebagai bekal dalam pembelajaran di kelas seperti Pustekom yang membuat media seperti media video yang digunakan peneliti; (2) Sekolah hendaknya mengadakan pelatihan kepada guru tentang cara menggunakan media-media yang berbasis teknologi agar wawasan guru mengenai media dan teknologi semakin luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Video, Materi Hidrosfer
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 12:33
Last Modified: 09 Nov 2017 12:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item