TANGGAPAN SISWA TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBENCANAAN PADA SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA (SWALIBA) DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN 2016


Nurhikmah Isnaeni , 3201412009 (2016) TANGGAPAN SISWA TENTANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBENCANAAN PADA SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA (SWALIBA) DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (750kB) | Preview

Abstract

Pendidikan harus turut berpartisipasi dalam menanamkan kesadaran pelajar terhadap lingkungan dan kebencanaan, oleh karena itulah muncul program Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana (Swaliba). Salah satu dari empat sekolah yang menerapkan program Swaliba di Jawa Tengah yaitu SMA Negeri 1 Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tanggapan siswa tentang pengelolaan lingkungan hidup dengan adanya program Swaliba, 2) mengetahui tanggapan siswa tentang kebencanaan dengan adanya program Swaliba, dan 3) menganalisis keberhasilan program Swaliba yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Temanggung dalam memberikan pemahaman tentang pengelolaan lingkungan hidup dan kebencanaan kepada siswa. Metode penelitaian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ialah siswa SMA Negeri 1 Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 915 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan siswa menanggapi tentang pengelolaan lingkungan hidup dengan positif, 98% siswa menanggapi dengan positif dan 2% siswa menanggapi dengan negatif pengelolaan lingkungan hidup. Berdasarkan indikator Swaliba tentang lingkungan hidup, mayoritas siswa menanggapi dengan positif tujuh aspek yang ada pada indikator lingkungan hidup kecuali pada aspek sampah. Tanggapan siswa tentang kebencanaan pada sekolah Swaliba ditanggapi positif oleh siswa dengan 98% siswa menanggapi dengan positof dan 2% siswa menanggapi dengan negatif. Berdasarkan tujuh aspek dalam indikator Swaliba tentang kebencanaan, yang belum sepenuhnya mendapat tanggapan positif dari siswa adalah aspek tempat dan jalur evakuasi, rambu dan sistem peringatan bencana, alat penyelamat, satkorlak, dan pelatihan mitigasi bencana. Saran yang diajukan yaitu agar meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan lingkungna hidup khususnya pengelolaan sampah dan pemahaman tentang kebencanaan terutama pada aspek yang belum dipahami siswa. Perlu adanya pemusatan tempat parkir kendaraan bermotor, serta perlu ditingkatkannya kegiatan kemitraan dengan lembaga lingkungan hidup serta sekolah sebaiknya mencantumkan visi misi Swaliba agar mencerminkan SMA Negeri 1 Temanggung sebagai sekolah berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kebencanaan, Swaliba
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 12:27
Last Modified: 09 Nov 2017 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27305

Actions (login required)

View Item View Item