PENYUSUNAN BUKU NONTEKS SIAGA BENCANA GEMPA BUMI SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH KABUPATEN PACITAN


AMALIA ARIFIANTI , 3201412005 (2016) PENYUSUNAN BUKU NONTEKS SIAGA BENCANA GEMPA BUMI SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH KABUPATEN PACITAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (407kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan tingkat kerawanan bencana tinggi. Salah satunya yaitu bencana gempa bumi. Pengetahuan tentang bencana menjadi sangat penting karena bertujuan untuk menambah kesiapsiagaan menghadapi bencana dan mengurangi resiko bencana. Selain buku pelajaran, pendidikan mitigasi bencana perlu ditunjang dengan sebuah bahan ajar yang menarik untuk memudahkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, penulis mengenalkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku nonteks siaga bencana gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendesain dan menyusun buku nonteks siaga bencana gempa bumi untuk pengayaan pengetahuan siswa, (2) mengetahui kelayakan buku nonteks siaga bencana gempa bumi oleh ahli, praktisi, dan siswa, (3) menghasilkan buku nonteks siaga bencana gempa bumi untuk pengayaan pengetahuan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah buku nonteks siaga bencana gempa bumi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah ahli, praktisi, dan siswa. Buku tersebut kemudian diuji tingkat kelayakannya oleh ahli yaitu dosen pembimbing dan praktisi yaitu guru mata pelajaran geografi dan ditanggapi oleh siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Pacitan. Penentuan sekolah menggunakan teknik Purposive Sampling. SMA N 1 Pacitan, SMA N 2 Pacitan, SMA N Punung, dan MA N Pacitan terpilih sebagai lokasi penelitian. Kemudian penentuan guru dan siswa juga menggunakan teknik Purposive Sampling. Setiap SMA ditentukan 2 guru mata pelajaran geografi dan 20 siswa sebagai sampel sehingga jika ada 4 sekolah maka total sampel sebanyak 8 guru dan 80 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah desain, kelayakan buku nonteks, dan tanggapan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan skala penilaian oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Hasil penelitian ini menunjukkan buku nonteks layak dengan predikat baik dan tanggapan siswa terhadap buku nonteks siaga bencana gempa bumi baik (layak). Ini ditunjukkan oleh uji kelayakan dan tanggapan siswa. Hasil uji kelayakan oleh guru memperoleh skor ≥ 55 yaitu 68,43 dan tanggapan siswa memperoleh skor ≥ 62,50 yaitu 74,84. Dengan demikian buku nonteks siaga bencana gempa bumi layak digunakan sebagai buku pengayaan pengetahuan dan bahan ajar geografi dalam rangka pemberian pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi di sekolah. Saran dalam penelitian ini adalah bagi semua pihak terutama guru dan siswa diharapkan dapat memanfaatkan buku nonteks siaga bencana gempa bumi sebagai sumber informasi mengenai bencana gempa bumi dan mitigasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Nonteks, Bencana Gempa Bumi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 12:24
Last Modified: 09 Nov 2017 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27304

Actions (login required)

View Item View Item