KENDALA SISWA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Nurul Safarida , 3201411176 (2016) KENDALA SISWA DALAM PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411176.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (566kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan model - model kooperatif dengan tipe Make a Match, Number Heads Together dan Example non example dalam mata pelajaran geografi memiliki nilai ketuntasan yang bervariasi, antara lain: pada tipe Make a Match memiliki nilai ketuntasan lebih rendah yaitu sebesar 33% dibandingkan model Number Heads Together 67%, dan model Example non example yang mencapai 71%. Diindikasikan terdapat kendala dalam menerapkan beberapa model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini mengetahui kendala yang dialami siswa dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri Batang kelas X IPS ,XI IPS, dan XII IPS dengan jumlah 289 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sebanyak 15% dari populasi sebanyak 44 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi memakai rating scale atau skala bertingkat. Teknik analisis data menggunakan Statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri Batang mempunyai kategori yang cukup terkendala, ditinjau dari empat aspek karakteristik model kooperatif yaitu dalam persiapan materi meliputi pencarian dan pemanfaatan sumber belajar pada siswa belum maksimal hanya berdasarkan satu buku sumber belajar yaitu buku teks, dalam memahami konsep siswa hanya mampu menulis berdasarkan satu buku sumber belajar saja dan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab pertanyaan, selanjutnya dalam memadukan konsep siswa hanya mampu mengenali, mengelompokan dan menghubungkan fakta berdasarkan satu buku serta pada saat mengkontraskan dan mengevaluasi rata-rata siswa masih kesulitan, pada tahap mengembangkan konsep siswa menjelaskan konsep baru dengan bahasa yang kurang bisa dipahami serta siswa tidak mampu dalam mengemukakan ide. Diajukan saran: agar siswa sering dilatih membaca berbagai referensi sumber belajar dan diharapkan kebijakan dari pihak Sekolah untuk akses internet dengan penggunaan HP bagi siswa dalam kondisi tertentu dapat dilakukan dalam proses pembelajaran untuk mendukung pencarian referensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Model Kooperatif Tipe Make A Match, Mata Pelajaran Geografi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 18:02
Last Modified: 08 Nov 2017 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27301

Actions (login required)

View Item View Item