KUALITAS TES BUATAN GURU PADA SISTEM PENILAIAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Agus Santosa , 3201411169 (2016) KUALITAS TES BUATAN GURU PADA SISTEM PENILAIAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411169.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (581kB) | Preview

Abstract

ukur untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan evaluasi pada sistem penilaian. Alat penilaian yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah tes. Terdapat gejala permasalahan dalam sistem penilaian yaitu adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sekolah dan rata-rata nilai ujian nasional di sebagian besar SMA kabupaten Semarang. Nilai sekolah diambil dari nilai semsester 1 sampai semsester 6 yang diukur menggunakan tes buatan guru.Permasalahan adalah bagaimana kualitas tes buatan guru pada sistem penilaian mata pelajaran geografi SMA dikabupaten Semarang tahun ajaran 2014/2015?. Tujuan peniltian ini untuk mengetahui kualitas tes buatan guru SMA di kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Populsi dalam penelitian ini adalah tes akhir semester buatan guru dengan jumlah keseluruhan ada 78 tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling yang diambil secara acak dengan megambil 10% dari masing-masing SMAN, Swasta, MA sehingga jumlah sampel tes yaitu ada 7 tes akhir semester buatan guru. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas tes buatan guru pada sistem penilaian mata pelajaran geografi, indikator dari yang diteliti dalam penelitian ini yaitu validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda dan efektifitas distraktor tes buatan guru. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar penilaian validitas konstruk dan dokumentasi tes buatan guru. data dianalisis dengan tekik analisis frekuensi dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas tes buatan guru pada sistem penilian mata pelajaran geografi dilihatdari validitasnya yang meliputi validitas isi memiliki validitas rendah, sedangka untuk validitas konstruknya sangat valid, reliabilitasnya tinggi. Tingkat kesukarannya jelek. Daya pembeda soal jelek dan tidak dapat membedakan siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa yang berkemampuan redah, dan efektifitas distraktornyatidak berfungsi dengan baik. Jadi kualitas tes buatan guru masih dalam kategori kuarang baik. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru dalam membuat soal supaya memperhatikan tingkat kesulitan item tes hendaknya tepat dengan materi pembelajaran yang diterima siswa, waktu yang dialokasikan harus sesuai tidak kurang dan tidak longgar, jawaban masing-masing item hendaknya bervariasai sehingga tidak bisa diprediksi siswa. Tes hendaknya disusun berdasarkan pertimbangan dalam menentukan proporsi jumlah soal kategori mudah, sedang dan sukar. Guru sebaiknya menambah pengalaman dengan sering melakukan analisis tes yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tes Buatan Guru, Sistem Penilaian Sebagai tolak
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 17:13
Last Modified: 08 Nov 2017 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27299

Actions (login required)

View Item View Item