KONDISI KAPASITAS FISIK (KEKUATAN, DAYA TAHAN, KECEPATAN, DAN DAYA LEDAK) DAN KADAR HEMOGLOBIN ATLET BALAP SEPEDA JALAN RAYA ISSI KOTA SEMARANG TAHUN 2016


Dias Rizaldianto , 6211411066 (2016) KONDISI KAPASITAS FISIK (KEKUATAN, DAYA TAHAN, KECEPATAN, DAN DAYA LEDAK) DAN KADAR HEMOGLOBIN ATLET BALAP SEPEDA JALAN RAYA ISSI KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Atlet balap sepeda harus memiliki komponen kondisi fisik serta kadar hemoglobin yang baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi kapasitas fisik (kekuatan, daya tahan, kecepatan dan daya ledak otot tungkai) dan kadar Hemoglobin (Hb) atlet Balap Sepeda Jalan Raya ISSI Kota Semarang tahun 2016? Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik survei dan tes. Populasi penelitian ini seluruh atlet Balap Sepeda Jalan Raya ISSI Kota Semarang berjumlah 14 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kapasitas fisik dan kadar hemoglobin darah. Penelitian ini menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil rata–rata kondisi fisik dan kadar hemoglobin berupa tes kecepatan sebesar 4,67 detik, tes daya tahan: push up sebesar 39 kali, pull up 10 kali, sit up 36 kali dan sit on wall selama 70 detik, tes kekuatan: grip strength kanan dan kiri sebesar 43 kg dan 40 kg, back strength sebesar 161 kg, tes daya ledak otot kaki atau leg strength sebesar 179 kg serta kadar hemoglobin sebesar 14 gr/dL. Simpulan dalam penelitian ini adalah komponen kondisi fisik dan kadar hemoglobin atlet balap sepeda jalan raya ISSI Kota Semarang tahun 2016 secara umum termasuk dalam kategori baik, hanya kecepatan yang kategori sedang, adapun saran yang dapat peneliti berikan sebaiknya atlet mengoptimalkan latihan daya tahan dan kecepatan, mengingat komponen tersebut penentu juara dalam kompetisi balap sepeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan, Kecepatan, Daya Tahan, Daya Ledak, Kadar Hemoglobin
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 17:00
Last Modified: 08 Nov 2017 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item