PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KLH (KETERAMPILAN LINGKUNGAN HIDUP) TERHADAP PARTISIPASI PENGELOLAAN SAMPAH DI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG


Dini Yuniar Safitri , 3201411161 (2016) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KLH (KETERAMPILAN LINGKUNGAN HIDUP) TERHADAP PARTISIPASI PENGELOLAAN SAMPAH DI SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411161.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (615kB) | Preview

Abstract

Diterapkannya mata pelajaran Keterampilan Lingkungan Hidup di SMA Negeri 1 Bandar memotivasi siswa untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah tersebut terus berkembang sehingga terbentuklah rumah kompos dan bank sampah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1)Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Bandar? (2)Bagaimana partisipasi siswa dalam pengelolaan sampah di SMA Negeri 1 Bandar? (3)Bagaimana pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup terhadap partisipasi pengelolaan sampah di SMA Negeri 1 Bandar? Penelitian ini bertujuan: (1)Mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Bandar (2)Mengetahui partisipasi siswa dalam pengelolaan sampah di SMA Negeri 1 Bandar (3)Mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup terhadap partisipasi pengelolaan sampah di SMA Negeri 1 Bandar. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMA Negeri 1 Bandar kelas X, XI, dan XII dengan jumlah 673 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah teknik porporsional random sampling, dengan mengambil 5% dari pupulasi yaitu 33 siswa. Variabel dalam penelitian yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup dan variabel partisipasi siswa dalam pengelolaan sampah. teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner dengan metode analisis statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup tergolong tinggi (69,76%), karena siswa bertanggung jawab dan berkontribusi pada proses pembelajaran keterampilan lingkungan hidup. Partisipasi siswa dalam pengelolaan sampah tinggi (72,62%), karena siswa telah melakukan kegiatan pengelolaan sampah sesuai dengan prosedur. Adanya pengaruh yang signifikan antara aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan lingkungan hidup terhadap partisipasi pengelolaan sampah, karena siswa dapat menerapkan aktivitas pembelajaran keterampilan lingkungan hidup dalam bentuk partisipasi pengelolaan sampah. Saran, aktifitas siswa dalam pembelajaran sudah tinggi, namun masih perlu ditingkatkan dengan cara siswa diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan ke pelatihan BLH. Partisipasi keahlian siswa sudah tergolong tinggi, namun masih perlu ditingkatkan, dengan cara guru memberi pelatihan agar siswa memiliki banyak keahlian dan mampu mengolah sampah non organik menjadi barang atau karya seni yang lebih bermanfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Pembelajaran KLH, Partisipasi Siswa, Pengelolaan Sampah.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:58
Last Modified: 08 Nov 2017 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27293

Actions (login required)

View Item View Item