KEMAMPUAN GURU GEOGRAFI DALAM MEMPERSIAPKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JAKARTATIMUR
Kiki Choirizkiah , 3201411160 (2016) KEMAMPUAN GURU GEOGRAFI DALAM MEMPERSIAPKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JAKARTATIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (756kB) | Preview |
Abstract
Guru sebagai garda terdepan dalam implementasi kurikulum harus menjadi perhatian penting. Salah satu peran guru yang paling penting adalah merencanakan pembelajaran sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui Tingkat Pengetahuan Guru terhadap Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013, (2) Mengetahui Kesiapan Guru Geografi dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013,(3) Mengetahui Faktor apa saja yang menjadi Penghambat dan Pendorong dalam Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 39 SMA Negeri dan 98 SMA Swasta yang ada di Jakarta Timur, sampel penelitian ini sebanyak 15 SMA Negeri dan 5 SMA Swasta. Variabel dalam penelitian adalah:(1) Kemampuan guru geografi dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 (2) Kesiapan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran terhadap kurikulum 2013,(3) Faktor pendukung dan penghambat guru geografi dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan guru terhadap perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013 termasuk dalam kategori cukup karena tidak ada satu guru pun yang memiliki pengetahuan baik sedangkan dari hasil angket keterampilan termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil wawancara mengenai faktor pendukung dan penghambat guru, faktor penghambat internal diperoleh sebanyak 5 guru (14,28%) mengalami hambatan dalam memahami kurikulum 2013, dan faktor penghambat eksternal diperoleh sebanyak 5 guru (14,28) mengalami hambatan. Sedangkan hasil wawancara sebanyak 30 guru (85,71%) mengalami perkembangan yang sangat baik dalam memahami kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran dan faktor pendukung eksternal diperoleh sebanyak 30 guru (85,71%) mendapatkan perhatian khusus oleh sekolah maupun pemerintah sehingga dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan guru geografi dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 sudah termasuk kategori mampu dan siap. dan guru masih mengalami hambatan maupun faktor pendukung baik secara internal maupun eksternal. Saran dari peneliti yaitu (1) guru mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 (2) guru geografi SMA se-Jakarta Timur hendaknya menambah wawasan terhadap kurikulum 2013 dan perangkat pembelajaran melalui internet, dan forum MGMP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Geografi, Kurikulum 2013, Perangkat Pembelajaran, |
Subjects: | L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 16:55 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 16:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27291 |
Actions (login required)
View Item |