EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PETA RUPA BUMI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS X DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2015/2016


RadityaWisnuPratama , 3201411158 (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PETA RUPA BUMI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS X DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411158.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1Ambarawa menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran sejarah siswa cenderung bersikap skeptis dan tidak aktif dalam pembelajaran..Sikap siswa yang skeptis dan tidak aktif dalam pembelajaran berdampak langsung pada hasil belajar sejarah siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengetahui proses pembelajaran geografi dengan penggunaan Peta Rupa Bumi dan non media Peta Rupa Bumi dalam materi Hidrologi kelas X, (2) Mengetahui perbedaan hasilbelajar siswa dengan menggunakan media Peta Rupa Bumi dan non media Peta Rupa Bumi terhadap hasil belajar siswa dalam materi Hidrologi kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan penelitian yang digunakan adalah desain control group pre test post tes yaitu desain eksperimen dengan melihat perbedaan pre test maupun post test antara kelompok eksperimen dan control. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IIS yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian menggunakan kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 7,79 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata adalah 7,06. Hasil uji hipotesis (uji t) nilai post test diperoleh thitung = 5,196 sedangkan harga ttabel= 1,998, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Hal ini berarti kemampuan pengetahuan (kognitif) siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa di kelas kontrol yang dibuktikan dengan rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan media peta rupa bumi Indonesia (RBI) mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang yang menjalani proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media RBI, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:52
Last Modified: 08 Nov 2017 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item