PELAKSANAAN KEGIATAN SISWA DALAM METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU TAHUN 2016


Nur Azizah , 3201411152 (2016) PELAKSANAAN KEGIATAN SISWA DALAM METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 KALIWUNGU TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411152.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (486kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan mutu pendidikan yang dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan perbaikan, perubahan–perubahan dan pembaharuan terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan meliputi kurikulum, sarana dan prasarana, guru, siswa, dan metode belajar mengajar. Pada konteks pembelajaran guru banyak dituntut untuk melakukan proses pembelajaran yang bermakna, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat utuh dan berlangsung lama dalam memori ingatannya serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana tingkat keefektifan kegiatan siswa dalam Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP N 1 Kaliwungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pelaksanaan kegiatan siswa dalam metode Resitasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP N 1 Kaliwungu. Metode pengumpulan data berupa metode observasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan siswa dalam metode Resitasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP N 1 Kaliwungu adalah dalam kategori yang tinggi, hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor yang menunjukkan jumlah 26,5 dengan persentase 72,22%. Pelaksanaan kegiatan siswa dalam metode resitasi tergolong tinggi ditunjukkan dengan perencanaan kegiatan resitasi, pelaksanaan resitasi dan pelaporan metode resitasi. Melihat bahwa kegiatan belajar siswa dengan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP N 1 Kaliwungu tergolong tinggi, maka disarankan agar siswa menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar dalam pelaksanaan sampai tahap pelaporan tidak kesulitan, pada tahap pelaporan hendaknya siswa aktif sehingga isi dan struktur laporan bisa terjawab dengan benar sesuai apa yang sudah ditentukan guru

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Siswa, Metode Resitasi, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:40
Last Modified: 08 Nov 2017 16:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27288

Actions (login required)

View Item View Item