PEMANFAATAN FENOMENA BANJIR ROB SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM FATKHUL QOWWIM KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2015/2016


Imam Rudi Raharjo , 3201411143 (2016) PEMANFAATAN FENOMENA BANJIR ROB SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM FATKHUL QOWWIM KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411143.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sangat membantu dalam mencapai tujuan proses pembelajaran. Penggunaan sumber belajar tersebut sangat berpengaruh untuk menunjang proses belajar mengajar. Terjadinya proses kerusakan lingkungan banjir rob di sekitar sekolah membuat peneliti terinspirasi melakukan penelitian tentang Pemanfaatan Banjir Rob sebagai Sumber Belajar IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam FQ (Fatkhul Qowwim) Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penilitian ini sdalah mendeskripsikan proses pemanfaatan banjir rob sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kompetensi belajar siswa pada materi lingkungan hidup kelas VIII SMP Islam FQ (Fatkhul Qowim) Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2015/2016, dan mengetahui peningkatan kompetensi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum pemanfaatan sumbeR belajar banjir rob ke pembelajaran dengan pemanfaatan sumber belajar banjir rob. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Fatkhul Qowwim Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari satu kelas. Penentuan sampel dengan sampel jenuh semua siswa dijadikan sebagai objek penelitian. Variabel terikat pemanfaatan sumber belajar banjir rob, sedangkan variabel bebasnya adalah hasil kompetensi (pemahaman, sikap, keterampilan) siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan kompetensi belajar siswa dari kegiatan pembelajaran sebelum dan sesudah pemanfaatan sumber belajar banjir rob. Pemanfaatan banjir rob dalam penilitian ini digunakan sebagai sumber belajar untuk mengetahui rata-rata fluktuasi tertinggi, mengetahui rob terdalam dan usaha apa saja yang dilakukan masyarakat sekitar. Hasil dari pemanfatan ini dalam proses kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa, yaitu pada kompetensi pemahaman mengalami peningkatan rata-rata pengamatan sebesar 5,86, kompetensi sikap mengalami peningkatan sebesar 4,6 dan kompetensi keterampilan mengalami peningkatan sebesar 2,7. Saran dalam penelitian ini adalah Guru diharapkan mampu memanfaatkan sumber belajar banjir rob sebagai alternatif sumber belajar yang inovatif / bervariasi, supaya pembelajaran tidak monoton dan tidak membosankan, sehingga siswa akan merasa senang, tertarik dan minat yang tinggi dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa. selain itu sebaiknya guru memberikan arahan dan membimbing siswa, serta melakukan pengawasan agar siswa tetap terkontrol, sehingga tidak mengobrol diluar topik pembelajaran berkaitan pemafaatan sumber belajar banjir sob yang dilakukan diluar kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Banjir Rob, Pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:37
Last Modified: 08 Nov 2017 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27287

Actions (login required)

View Item View Item