IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA SE KOTA SEMARANG


Kholimat Bakal Adityas , 3201411109 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA SE KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (864kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah upaya sadar dan terencana untuk melakukan perbaikan dan perubahan perilaku, pengalaman, dan pengetahuan peserta didik. Melalui pendidikan diharapkan peningkatan kualitas SDM yang signifikan. Tempat dan tumpuan perubahan tersebut berlangsung di sekolah. Variabel utama yang berkaitan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah adalah kurikulum, guru, dan pengajaran atau proses belajar dan mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi dari perencanaan hingga pelaksanaan kurikulum 2013 guru mata pelajaran Geografi SMA se Kota Semarang., (2) Menganalisis faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Geografi SMA se Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi SMA di Kota Semarang yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan sampel tujuh orang guru dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Data primer berasal dari pengamatan (observasi) dan wawancara kepada guru geografi sedangkan data sekunder berasal dari dokumen perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru. Analisi data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis data dengan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 guru geografi dari perencanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase skor 94% dengan kriteria sangat baik dan pelaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase skor 87% dengan kriteria sangat baik. Selain itu dari hasil wawancara diketahui bahwa fasilitas, sumber belajar dan sosialisasi kurikulum 2013 sangat menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya guru menerapkan metode media dan sumber belajar secara optimal dan lebih bervariasi agar peserta didik terbiasa dengan model pembelajaran pada kurikulum 2013. Sekolah sebaiknya memfasilitasi baik dari segi sarana dan prasarana maupun pengembangan sumber daya manusia tenaga akademik agar mampu mendukung dalam penerapan kurikulum 2013 secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Geografi, Implementasi, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:12
Last Modified: 08 Nov 2017 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27284

Actions (login required)

View Item View Item