UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI OUTBOUND RINGROAD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DLISEN 01 KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2016


JHOHAN HAMIDI , 6102914003 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI OUTBOUND RINGROAD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DLISEN 01 KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani siswa SD Negeri Dlisen 01 kecamatan limpung yang berlangsung pada semester pertama dengan materi kebugaran. Ternyata belum berhasil secara optimal. Selama pembelajaran aktifitas kebugaran, terutama dalam aspek daya tahan, kecepatan, kelentukan, kekuatan, keseimbangan, kelincahan dan koordinasi, dalam hal ini siswa terlihat cepat lelah, malas melakukan aktifitas dan kurang antusias mengikuti pembelajaran. sarana yang kurang memadai berakibat rendahnya keterampilan gerak fisik siswa sehingga menyebabkan rendahnya hasilbelajar dalammateri kebugaran, permasalahan ini menjadi dasar dalam penelitian untuk meningkatkan kebugaran serta hasil belajar siswa melalui permainan outbound ringroad. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan outbound ringroad ini mampu meningkatkan kebugaran dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Dlisen 01 kecamatan limpung tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dalam pelaksanaan terdiri dari dua siklus.Pelaksanaan penelitian dilakukan dua kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Dlisen 01 yang berjumlah 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa putra dan 6 siswa putri. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes ,unjuk kerja, lembar pengamatan, dan tes tertulis. Berdasarkan data hasil pembelajaran di ketahui bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah di laksanakan siklus 1. Jumlah siswa yang tuntas sebelum adanya tindakan adalah sebanyak 4 siswa atau sekitar 44 % dan mengalami peningkatan ketuntasan belajar menjadi 6 siswa atau sekitar 67%. kemudian pada siklus II di peroleh ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa di atas KKM (75) atau sekitar 100%. dari pengukuran denyut nadi di peroleh peningkatan denyut nadi awal dan setelah melakakukan aktivitas pembelajaran. Dengan hasil penelitian ini di simpulkan, bahwa dengan menggunakan permainan outbound ringroad dapat meningkatkan kebugarandan hasil belajar siswadi SD Negeri Dlisen 01 Kecamatan Limpung. disarankan agar guru memperhatikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam menyusun program pembelajaran dengan karakteristik dan tingkat pertumbuhan siswa serta menggunakan alat peraga yang relevan supaya siswa lebih semangat dan berminat dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan, Outbound ringroad, Keberanian, Minat siswa.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:48
Last Modified: 08 Nov 2017 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27282

Actions (login required)

View Item View Item