FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2015


Hamzulida Rizqia Rahmatika , 3201411097 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANGKA PARTISIPASI KASAR (APK) JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Angka Partisipasi Kasar (APK) merupakan proporsi jumlah penduduk yang sedang bersekolah pada suatu jenjang pendidikan terhadap jumlah penduduk usia sekolah yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama pada masing-masing desa pesisir di Kecamatan Sarang, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama pada masyarakat pesisir di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Lokasi penelitian di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, tepatnya di tujuh desa pesisir yaitu Desa Kalipang, Desa Sendang Mulyo, Desa Karangmangu, Desa Bajing Jowo, Desa Bajing Meduro, Desa Sarang Meduro, dan Desa Temperak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang mempunyai anak tidak melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama dan putus sekolah pada jenjang Sekolah Menengah Pertama pada tahun 2014. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis Deskriptif Presentase (DP) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar jenjang Sekolah Menengah Pertama pada masyarakat pesisir di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tujuh desa pesisir yang telah diteliti memiliki Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang Sekolah Menengah Pertama yang rendah dikarenakan masih jauh dibawah rata-rata APK Nasional, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang Sekolah Menengah Pertama desa pesisir Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang menjadi rendah bukan disebabkan karena kondisi sosial ekonomi orang tua dan aksesibilitas melainkan disebabkan oleh motivasi, hal ini disebabkan karena kondisi sosial ekonomi orang tua sudah tinggi dan aksesibilitas menuju Sekolah Menengah Pertama sudah baik, namun motivasi untuk bersekolah masih rendah. Simpulan penelitian ini yaitu Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang Sekolah Menengah Pertama di desa pesisir Kecamatan Sarang rendah. Faktor yang mempengaruhi rendahnya Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang Sekolah Menengah Pertama di desa pesisir Kecamatan Sarang yaitu motivasi. Saran dari penelitian ini adalah (1) pemerintah daerah hendaknya memberikan arahan atau sosialisasi terhadap masyarakat pesisir di Kecamatan Sarang tentang pentingnya wajib belajar 9 tahun, supaya tidak ada lagi anak yang mengalami putus sekolah di jenjang pendidikan dasar. Sehingga dengan demikian Angka Partisipasi Kasar (APK) di Kecamatan Sarang akan meningkat dan mencapai rata-rata APK Nasional, (2) orang tua hendaknya lebih meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan anak di lingkungan tempat tinggalnya supaya anak tidak masuk dalam pergaulan teman yang salah. Selain itu anak juga harus selalu meningkatkan motivasi diri untuk tetap bersekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Angka Partisipasi Kasar (APK) jenjang Sekolah Menengah Pertama, Masyarakat pesisir
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:44
Last Modified: 08 Nov 2017 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27280

Actions (login required)

View Item View Item