UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN GUZILA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI LUWUNG 02 TAHUN 2016


HENDRA AMIANTO , 6102914002 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN GUZILA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI LUWUNG 02 TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ptk ini dilakukan sebagai suatu penunjang keberhasilan pembelajaran kebugaran jasmani di SD Negeri Luwung 02 yang belum membuahkan hasil yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat pada saat pembelajaran berlangsung, disamping itu aktifitas siswa terlihat hanya siswa yang berani saja yang mempunyai keberanian dan rasa percaya diri yang bagus yang mampu mengikuti pembelajaransedangkan siswa yang lain takut dan tidak mempunyai rasa percaya diri untuk melakukan pembelajaran kebugaran jasmani. Berdasarkan identifikasi masalah, penulis mengambil metode penelitian tindakan kelas,kemudian penulis menyusun perumusan masalah sebagai berikut :’’Apakah permainan guzila dapat meningkatkan hasil belajar kebugaran siswa pada siswa kelas III SD Negeri Luwung 02 tahun 2016?”dengan permainan guzila dalam pembelajaran praktik kebugaran jasmani penulis membaginya menjadi 3 kali penelitian yang terdiri dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Dengan permainan guzila tersebut bertujuan untuk: meningkatkan kebugaran, keberanian, dan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran kebugaran. Hasil penelitian yang diperoleh setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah peningkatan kebugaran siswa dan keberanian siswa dalam melakukan pembelajaran kebugaran jasmani yang diikuti dengan meningkatnya hasil prestasi belajar siswa pada materi kebugaran jasmani, perubahan yang terjadi pada guru peneliti adalah guru mengalami peningkatan dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran, perubahan hasil belajar siswa menunjukkan hal yang sangat positif, hal ini terlihat dari prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata kurang (nilai 79) sebelum perbaikan menjadi sedang (nilai 82,06) pada perbaikan siklus I dan baik (nilai 84,06) pada siklus II dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,75 %. Dalam penelitian ini dengan melihat hasil pembelajaran tersebut di atas penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan guzila memang dapat meningkatkan tingkat kebugaran dan hasil pembelajaran kebugaran jasmani pada siswa kelas III di SD Negeri Luwung 02. Saran dari rekan ahli untuk lebih baiknya agar lapangan atau arena permainan guzila ini dapat diperlebar sehingga siswa lebih leluasa dalam memainkan permainan guzila tersebut dan dapat menambah variasi dalam permainan guzila itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan, Guzila, Kebugaran.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:43
Last Modified: 08 Nov 2017 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27278

Actions (login required)

View Item View Item