PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGREJA PURBALINGGA TAHUN 2015
Khamdan , 3201411089 (2016) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KARANGREJA PURBALINGGA TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (965kB) | Preview |
Abstract
Studi geografi mengamati dan mempelajari tentang ruang yang membentuk wilayah-wilayah di permukaan bumi dan menunjukan sistem kewilayahan, lingkungan (ekosistem) dan keruangan tertentu. Pada proses pembelajaran mata pelajaran geografi di SMA, seorang guru harus mamanfaatkan lingkungan secara maksimal. Sehingga proses pembelajaran tidak monoton menggunakan metode konvesional. Kurangnya variasi guru dalam pembelajaran mengakibatkan siswa sulit memahami materi dan hasil belajarnya kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan sebagai sumber belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangreja Purbalingga tahun 2015? (2) Apakah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Karangreja Purbalingga tahun 2015? Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalingga. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen dan kelas X-A sebagai kelas kontrol. Variabel yang digunakan ada dua yaitu varibel bebas “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar” dan variabel terikat “hasil Belajar”. Teknik pengumpulan data yaitu obeservasi, tes dan dokumentasi. Teknik ananalisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian pada kelas eksperimen memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar menunjukan bahwa pemaanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar geografi materi hidrosfer (perairan daratan). Hal ini ditunjukan oleh harga thitung untuk hasil post test diperoleh hasil thitung= 4,844 pada α = 5% dengan dk = 27 + 33 – 2 = 58 diperoleh t(0,95)(58) = 1,67. Karena thitung > t (0,95)(58), maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol artinya rata-rata hasil belajar kedua kelas berbeda. Hasil uji hipotesis h0 ditolak karena pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi berrhasil meningkatkan hasil belajar geografi pada materi hidrosfer sub materi perairan daratan. Saran, sekolah hendaknya lebih memperhatikan sumber belajar yang di gunakan guru untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Karangreja Kabupaten Purbalinga. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar harus menyesuaikan materi dengan kenapakan yang nyata di lingkungan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar Geografi |
Subjects: | L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 15:41 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 15:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27277 |
Actions (login required)
View Item |