MENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR LEMPARAN MELAMBUNG PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN BOLA HOOP PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KABUPATEN BATANG


AZKA DIAN OKATAMA, 6102914001 (2016) MENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR LEMPARAN MELAMBUNG PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN BOLA HOOP PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (973kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar yang kurang memuaskan dikarenakan proses pembelajaran permainan bola kasti yang monoton dan cenderung membosankan bagi siswa yang berdampak pada hasil belajar yang tidak memenuhi KKM. Rumusan dari masalah tersebut adalah bagaimana cara meningkatkan hasil pembelajaran lemparan melambung permainan kasti melalui permainan Bola Hoop pada siswa kelas IV A MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar lemparan melambung permainan kasti melalui permainan bola hoop pada siswa kelas IV A MI Salafiyah Tanjungsari, Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode PTK, penelitian ini terdiri dari dua siklus, Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan yaitu metode demonstrasi dan non tes (observasi dan dokumentasi). Tiap siklus menunjukkan perkembangan proses pembelajaran pendidikan jasmani pada materi permainan bola kasti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A MI Salafiyah Tanjungsari pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 11 siswa putra dan 5 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja, observasi sikap dan pemahaman materi yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes Hasil penelitian ini memperoleh peningkatan prosentase sebanyak 19% untuk ranah afektif yang semula 81% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus kedua dan 38% untuk ranah kogniitif yang semula 62% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus kedua. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan bola hoop materi permainan kasti dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV A MI Salafiyah Tanjungsari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Hasil dari kesimpulan juga menunjukkan guru harus bisa memotivasi peserta didik dan guru juga harus bisa berpikir kreatif dalam memberikan materi pelajaran supaya minat siswa dalam kegiatan belajar tetap tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran keterampilan dasar lemparan melambung permainan kasti melalui permaianan bola hoop mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas siswa. Saran dari penulis adalah untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan guru tidaklah dituntut untuk memberikan peralatan yang mahal tetapi bagaimana suasana kelas bisa menyenangkan adalah suatu seni yang keluar dari dalam hati, bagaimana kita menyikapi sifat peserta didik yang bermacam-macam yaitu dengan sabar dan senyuman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lemparan melambung, permainan kasti, permainan bola hoop.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:38
Last Modified: 08 Nov 2017 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27273

Actions (login required)

View Item View Item