PERBEDAAN HASIL LATIHAN SHADOW MENGGUNAKAN ISYARAT LAMPU DAN ABA-ABA PELATIH TERHADAP AGILITY FOOTWORK ATLET BULUTANGKIS PB SEHAT SEMARANG


Bayu Riyadi Hanindito Putro , 6211411015 (2016) PERBEDAAN HASIL LATIHAN SHADOW MENGGUNAKAN ISYARAT LAMPU DAN ABA-ABA PELATIH TERHADAP AGILITY FOOTWORK ATLET BULUTANGKIS PB SEHAT SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manakah latihan yang lebih efektif antara latihan shadow dengan aba-aba pelatih dan isyarat lampu terhadap kelincahan footwork atlet bulutangkis. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas yaitu latihan shadow dengan isyarat lampu dan aba-aba pelatih, dan Variabel terikat yaitu agility footwork. Populasi penelitian ini adalah atlet PB Sehat Semarang (75 atlet). Teknik pengambilan sampel “purposive sampling” memperoleh sampel 14 atlet. Instrument penelitian menggunakan tes latihan shadow aba-aba pelatih dan isyarat lampu. Teknik analisis data menggunakan paired t-test (SPSS versi 16). Hasil penelitian menunjukkan hasil tes latihan shadow aba-aba pelatih mempunyai sig. hitung 0.000 dan latihan shadow dengan isyarat lampu 0,000, semua data tersebut mempunyai nilai sig. hitung < sig. alpha sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil tes latihan shadow aba-aba pelatih dan latihan shadow dengan isyarat lampu sebelum dan sesudah di beri perlakuan. Simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Latihan shadow menggunakan aba-aba pelatih berpengaruh terhadap kelincahan footwork atlet bulutangkis, 2) Latihan shadow menggunakan isyarat lampu berpengaruh terhadap kelincahan footwork atlet bulutangkis, 3) Latihan shadow menggunakan aba-aba pelatih sama baiknya dengan latihan Shadow menggunakan isyarat lampu dalam meningkatkan kelincahan footwork pada atlet bulutangkis PB sehat Semarang usia 11 – 15 tahun. Saran yaitu sebaiknya untuk meningkatkan kelincahan footwork atlet bulutangkis pelatih menggunakan latihan menggunakan isyarat lampu mengingat cara ini selain mampu meningkatkan kelincahan footwork juga mampu memperbaiki penguasaan lapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Shadow isyarat lampu, shadow aba-aba pelatih, agility footwork
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:31
Last Modified: 08 Nov 2017 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item