KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANTARA ANAK LAKILAKI DAN PEREMPUAN KELAS IV DAN V DI SD PEGANJARAN 3 KUDUS


Firman Henry Septianto , 6211411014 (2016) KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANTARA ANAK LAKILAKI DAN PEREMPUAN KELAS IV DAN V DI SD PEGANJARAN 3 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini : 1) untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak laki-laki kelas IV dan V. 2) untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak perempuan kelas IV dan V. 3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar anak laki-laki dan perempuan kelas IV dan V. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei test. Variabel bebas: kemampuan motorik kasar, variabel atribut: laki-laki dan perempuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di SD Peganjaran 3 Kabupaten Kudus yang berjumlah 38 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik “total sampling”. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t (beda) berpasangan (paired t-test). Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya akan lebih baik dalam arti lebih cepat, lengkap dan sistematis sehingga mudah diolah. Instrumen dalam penelitian ini ada tiga yaitu: 1) lari 600 m untuk mengukur daya tahan. 2) push up, pul up, sit up untuk mengukur kekuatan. 3) lari 40 m untuk mengukur kecepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kelompok siswa laki-laki diperoleh tingkat kemampuan kekuatan p=0,818>0,05, tingkat kemampuan kecepatan p=0,631>0,05, tingkat kemampuan daya tahan p=0,549>0,05. Sedangkan untuk kelompok perempuan diperoleh tingkat kemampuan kekuatan p=0.556>0,05, tingkat kemampuan kecepatan p=0,290>0,05, tingkat kemampuan daya tahan p=0,290>0,05. Simpulan yang dapat diambil: 1) Kemampuan motorik kasar siswa lakilaki kelas IV dan V berada pada kategori kurang sekali. 2) Kemampuan motorik kasar siswi perempuan kelas IV dan V berada pada kategori kurang sekali. 3) Tidak ada perbedaan kemampuan motorik kasar siswa laki-laki dan siswi perempuan kelas IV dan V berada pada kategori kurang sekali. Saran : 1) Perlu adanya pembelajaran yang lebih bervariatif dan menyenangkan dalam memberikan pembelajaran motorik kasar kepada anak. 2) Perlu memberikan pelayanan pembelajaran yang lebih mengutamakan kebutuhan anak usia dini dengan tidak mengesampingkan perkembangan motorik pada anak melalui kegiatan-kegiatan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Kasar, Laki-Laki, Perempuan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:29
Last Modified: 08 Nov 2017 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27269

Actions (login required)

View Item View Item