KONTRIBUSI KECEPATAN LARI DAN KELINCAHAN TERHADAPKEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLAPADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLADI SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA MAGELANGTAHUN 2016


AGUSTA IRFAN PRASETYA, 6102412068 (2016) KONTRIBUSI KECEPATAN LARI DAN KELINCAHAN TERHADAPKEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLAPADA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLADI SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA MAGELANGTAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102412068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepak Bola termasuk ke dalam program kurikulum pembelajaran bola besar. Dalam sepak bola, faktor yang menenentukan dalam menggiring bola antara lain : keseimbangan, kelincahan, kekuatan fisik, kecepatan, koordinasi, kekuatan dan daya tahan. Kecepatan lari dan kelincahan merupakan bagian dari beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan menggiring bola. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kontribusi kecepatan lari terhadap kemampuan menggiring bola, 2) Untuk mengetahui kontribusi kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola, 3) untuk mengetahui kontribusi antara kecepatan lari dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola.. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik studi korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler sepakbola di SD Muhammadiyah I Alternatif Kota Magelang, tahun 2016. Terdapat 3 butir tes dalam penelitian ini yaitu : tes kecepatan lari, tes kelincahan, dan tes kemampuan menggiring bola. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler sepakbola SD Muhammadiyah I alternatif Kota Magelang, sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey teknik tes dan pengukuran. Uji normalitas menggunakan Kolmogorovsminrov, uji homogenitass menggunakan uji statistik F, uji linearitas menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kecepatan lari memberikan kontribusi sebesar 9,882% terhadap kemampuan menggiring bola, 2) Kelincahan memberikan kontribusi sebesar 10,548% terhadap kemampuan menggiring bola, 3) secara bersama-sama antara kecepatan lari dan kelincahan memberikan kontribusi sebesar 20,430% terhadap kemampuan menggiring bola. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa : Ada kontribusi antara kecepatan lari dan kemampuan menggiring bola. Ada kontribusi antara kelincahan dan kemampuan menggiring bola. Ada kontribusi antara kecepatan lari dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan lari, Kelincahan, Menggiring Bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:30
Last Modified: 08 Nov 2017 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27268

Actions (login required)

View Item View Item