Efektifitas Latihan Beban Menggunakan Alat Mesin dan Manual Untuk Meningkatkan Hipertropi dan Kekuatan Otot Pektoralis Pada Member Fitness Maroz Kudus


Muhamad Bachtiar , 6211411013 (2015) Efektifitas Latihan Beban Menggunakan Alat Mesin dan Manual Untuk Meningkatkan Hipertropi dan Kekuatan Otot Pektoralis Pada Member Fitness Maroz Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211411013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di fitness Maroz banyak orang yang latihan beban rata-rata lebih suka atau lebih tertarik untuk melatih atau mengembangkan otot dada. Mengapa demikian karena bilamana dikembangkan dan dilatih dengan tepat dan benar, otot ini akan banyak membantu dalam membentuk dan merubah bagian tubuh menjadi menarik dan menambah keberhasilan dalam banyak aktifitas rekreasi serta membuat penampilan menjadi atletis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas latihan beban menggunakan alat mesin dan manual untuk meningkatkan hipertropi dan kekuatan otot pektoralis, dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik untuk meningkatkan hipertropi dan kekuatan otot pektoralis pada member fitness Maroz Kudus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “pretest posttest group”. Populasi dalam penelitian ini adalah member fitness Maroz Kudus yang berjenis laki-laki berjumlah 117 member. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling berjumlah 16 orang sesuai kriteria peneliti. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan latihan beban menggunakan alat mesin dan manual dapat meningkatkan hipertropi dan kekuatan otot pektoralis pada member fitness Maroz Kudus, berdasarkan hasil uji statistik hipertropi diperoleh dengan nilai t hitung 0,22>0,00 dan kekuatan otot diperoleh t hitung 5,02>1,57. Latihan beban menggunakan alat mesin dan manual merupakan salah satu bentuk latihan yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hipertropi dan kekuatan otot pektoralis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan Beban, Alat Mesin dan Manual, Hipertropi dan Kekuatan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:26
Last Modified: 08 Nov 2017 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27267

Actions (login required)

View Item View Item