MODEL LATIHAN PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN BATASAN DUA SENTUHAN DAN TIGA SENTUHAN TERHADAP KEMAMPUAN SHORT PASSING SEPAK BOLA PADA SSB JAVA PUTRA YUDHA PUSDIKIF KOTA BANDUNG


Fata Ready Bela Fiddiin , 6211410091 (2015) MODEL LATIHAN PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN BATASAN DUA SENTUHAN DAN TIGA SENTUHAN TERHADAP KEMAMPUAN SHORT PASSING SEPAK BOLA PADA SSB JAVA PUTRA YUDHA PUSDIKIF KOTA BANDUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211410091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penguasaan bola sangat terkait dengan kualitas dan kuantitas passing dalam sebuah tim, dikarenakan akurasi passing sebuah tim sangat menentukan keberhasilan tim dalam menciptakan ruang gerak dan strategi penyerangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan model latihan permainan dengan batasan dua sentuhan dan batasan tiga sentuhan terhadap kemampuan short passing sepakbola. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design pre-test dan post- test group. Populasi penelitian pemain SSB Java Putra Yudha Pusdikif Kota Bandung yang berjumlah 52 pemain, kemudian sampel penelitian berjumlah 20 pemain dari pemain kelompok usia 15 tahun. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji Independent Sample test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji beda diperoleh t hitung > t tabel (p=0,333<0,05), dimana tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model latihan permainan menggunakan batasan dua sentuhan dan batasan tiga sentuhan terhadap kemampuan short passing sepakbola. Peningkatan mean pada latihan permainan batasan dua sentuhan sebesar 2,30 dan latihan permainan batasan tiga sentuhan sebesar 2,90. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan antara model latihan permainan menggunakan batasan dua sentuhan dan batasan tiga sentuhan terhadap kemampuan short passing sepakbola dan diharapkan para pelatih dapat menerapkan latihan passing dengan model latihan permainan menggunakan batasan tiga sentuhan dalam meningkatkan hasil kemampuan short passing sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latihan passing, permainan batasan sentuhan, short passing
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:23
Last Modified: 08 Nov 2017 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27266

Actions (login required)

View Item View Item