SURVEI MOTIVASI MASYARAKAT MELAKUKAN PHYSICAL ACTIVITY DI TAMAN GEMOLONG EDUPARK KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2016


Ginanjar Ganda Gumilang , 6102412062 (2016) SURVEI MOTIVASI MASYARAKAT MELAKUKAN PHYSICAL ACTIVITY DI TAMAN GEMOLONG EDUPARK KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102412062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ruang terbuka merupakan ruang yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan gerak masyarakat. Gemolong Edupark dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk fasilitas olahraga, playground, dan panggung serta fasilitas lain yang dapat dimanfaatakan masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Motivasi apa yang menyebabkan masyarakat melakukan physical activity di taman Gemolong Edupark?, 2). Physical activity apa yang dominan dilakukan masyarakat di taman Gemolong Edupark?, 3) Bagaimana dampak pembangunan taman Gemolong Edupark?, 4). Bagaimana dukungan pemerintah terhadap pengembangan Gemolong Edupark kedepannya?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui motivasi masyarakat melakukan physical activity di taman Gemolong Edupark, 2). Untuk mengetahui physical activity yang dominan dilakukan masyarakat di taman Gemolong Edupark, 3). Untuk mengetahui dampak pembangunan Gemolong Edupark, 4). Untuk mengetahui dukungan pemerintah terhadap pengembangan Gemolong Edupark kedepannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Informan sebanyak 46 orang yang melakukan physical activity di taman serta dari pemerintah Kecamatan Gemolong dan Bappeda Kabupaten Sragen. Lokasi penelitian ini di taman Gemolong Edupark. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan motivasi masyarakat melakukan physical activity di taman adalah kesehatan, kesenangan, sebagai aktivitas dan faktor sosial. Kesehatan diperoleh dengan melakukan berbagai aktivitas seperti bermain voli dan jogging. Kesenangan diperoleh melalui kegiatan yang dilakukan seperti hobi atau menyalurkan bakat. Sebagai aktivitas dapat dilihat dari aktivitas yang dilakukan secara rutin di taman seperti bermain voli, jogging, dan lain-lain. Faktor sosial berhubungan dengan keluarga dan teman. Physical activity yang dominan dilakukan anak-anak yang bermain di area playground, bermain bola voli, jogging atau lari, dan lain-lain. Pembangunan Gemolong Edupark memberikan dampak dalam berbagai bidang kehidupan seperti fisik, psikis, emosional, sosial, intelektual dan ekonomi. Pemerintah mempunyai peran masing-masing dalam pembangunan dan pengembangan taman Gemolong Edupark. Gemolong Edupark adalah taman kota yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas fisik seperti jalan, lari, bermain bola voli dan lain-lain. Gemolong Edupark memberikan dampak yang baik terhadap berbagai bidang kehidupan seperti fisik, psikis, emosional, sosial, intelektual dan ekonomi. Pemerintah diharapkan melengkapi fasilitas yang belum tersedia di Gemolong Edupark sehingga fungsinya menjadi semakin maksimal. Pemerintah diharapkan menambah public space karena keberadaannya dibutuhkan oleh masyararakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Physical Activity, Gemolong Edupark
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:23
Last Modified: 08 Nov 2017 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27265

Actions (login required)

View Item View Item