Pengaruh Peningkatan Perkembangan Gerak Motorik Kasar melompat dan Keseimbangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Sondah di SD Kedungpane 2


DHIMAS ANGGA PRIBADI, 6211410059 (2015) Pengaruh Peningkatan Perkembangan Gerak Motorik Kasar melompat dan Keseimbangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Sondah di SD Kedungpane 2. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211410059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh permainan sondah terhadap kemampuan melompat dan keseimbangan anak,(2 Apakah ada perbedaan hasil melompat dan keseimbangan anak setelah perlakuan permainan sondah.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apa ada peningkatan kemampuan melompat anak dengan latihan melakukan permainan tradisional sondah, (2) untuk mengetahui apa ada peningkatan kemampuan keseimbangan anak dengan latihan melakukan permainan tradisional sondah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa permainan tradisional sondah dengan ukuran kotak yang berubah dan meningkat yang dilakukan dalam 4 kali seminggu selama 16 kali pertemuan. Dengan populasi siswa-siswi kelas 1,2,3 SD Kedungpane 2 dan Sampel sebanyak 24 sampel yang diambil dari 20 % jumlah murid setiap kelas kemudian dibagi menjadi dua kelompok.Instrumen pengumpulan data: tes melompat dengan dua kaki tanpa awalan dan keseimbangan berdiri dengan satu kaki dan tangan dipinggang dan dihitung menggunakan uji banding anova dua jalur. Hasil analisis data, Kelompok kolom didapatkan hasil signifikan 0,010 = 1% < 5% atau taraf kesalahan kurang dari 5% maka antara eksperimen dan kontrol menghasilkan hasil yang berbeda. Kelompok baris didapatkan hasil signifikan 0,002= 0,2% atau kurang dari taraf kesalahan 5% maka dari hasil tes akhir antara melompat dan keseimbangan dilihat rata-rata antara tes akhir melompat yaitu melompat eksperimen 136,6 dan melompat kontrol 125,6, keseimbangan eksperimen 205,8 dan keseimbangan kontrol 128,8. Kelompok kolom*baris didapatkan hasil signifikan 0,071 = 7,1% > 5% atau taraf kesalahan lebih dari 5% maka antara kolom dan baris tidak saling bergantung Simpulan dan saran: (1) Ada pengaruh kemampuan melompat dan keseimbangan anak setelah diberikan perlakuan permainan sondah dilihat dari perbandingan hasil tes awal dan tes akhir. (2) Terdapat perbedaan hasil peningkatan melompat dan keseimbangan anak setelah diberikan perlakuan permainan sondah. Saran, (1) Bagi orang tua dalam memberikan permainan atau kegiatan pada anak harus lebih bias memilih kegiatan yang sesuai dan bermanfaat bagi anak.(2) Bagi guru dalam memberikan pelajaran olahraga bisa menggunakan permainan– permainan atau olahraga tradisional sebagai alternatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permainan sondah, melompat, keseimbangan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:20
Last Modified: 08 Nov 2017 15:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27264

Actions (login required)

View Item View Item