EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DIGITAL PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG


EDI PRANOTO , 3201411052 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL DIGITAL PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (451kB) | Preview

Abstract

SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang telah menerapkan kurikulum KTSP untuk kelas X, XI, XII. Salah satu media yang digunakan guru dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik adalah dengan menggunakan media visual yang dibangun dalam benuk slide dan dioprasionalkan menggunakan LCD. sarana prasarana yang terdapat pada SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, dirasakan sudah cukup memadai karena di dalam setiap kelasnya terdapat alat-alat untuk menunjang penggunaan media visual digital seperti “1 proyektor”, “1 LCD” dan “2 pasang sound system”. Selain itu juga terdapat perpustakaan dan jaringan WIFI yang jaringanya mencakup di setiap kelas, sehingga dapat digunakan oleh guru maupun siswa untuk mencari data atau materi. penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis visual digital sebagai media pembelajaran geografi di SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi. Pengambilan data di lakukan dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis visual digital tergolong tinggi. Dikatakan tinggi karena mayoritas siswa dapat menangkap informasi yang di sampaikan dan siswa dapat menggunakan media visual digital dengan baik dan lancar. Akan tetapi siswa masih perlu banyak belajar dalam beberapa kegiatan seperti merumuskan konsep, mengembangkan konsep, dan mengkaitkan objek yang abstrak menjadi lebih jelas dalam pembelajaran menggunakan media visual digital. Namun secara keseluruhan efektivitas penggunaan media visual digital tergolong tinggi dan efektiv di gunakan dalam pembelajaran geografi di SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Saran, diharapkan kedepanya pendidik dapat meningkatkan pemahaman materi dan kemampuan siswa dalam menggunakan media visual digital menjadi lebih baik lagi. Pendidik dalam menjelaskan materi yang ada pada media visual digital harus lebih jelas dan dapat di pahami oleh siswa. Selain itu pendidik juga di harapkan mampu lebih mengembangkan media visual digital dengan cara lebih inovatif supaya media visual digital menjadi lebih menarik dan mudah di pahami siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Visual Digital
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 15:03
Last Modified: 08 Nov 2017 15:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27263

Actions (login required)

View Item View Item