PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI KELAS X DI SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN 2015


Andreansyah , 3201411049 (2016) PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI KELAS X DI SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (951kB) | Preview

Abstract

Salah satu yang harus diwujudkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di sekolah, proses pembelajaran Geografi di kelas sangat didominasi oleh metode ceramah, serta media belajar yang hanya terbatas dengan buku. Selain itu, berdasarkan daftar nilai Geografi kelas X di SMA Negeri 12 tahun pelajaran 2014/2015 khususnya pada materi Dinamika Litosfer dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan di Muka Bumi, dapat diketahui bahwa rata-rata nilai mencapai 75,25. Hal ini dinilai oleh Guru Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 12 masih tergolong belum memuaskan, sehingga dapat ditingkatkan lagi menjadi lebih baik. Materi pembelajaran Geografi dinilai sangat cocok untuk divisualisasikan dalam bentuk media cetak. Media pembelajaran dalam bentuk media cetak salah satu diantaranya adalah booklet. Booklet merupakan bentuk inovasi dalam media cetak dapat dikembangkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media booklet, menguji kelayakannya, mengetahui hasil belajar kognitif dan afektif, serta tanggapan dalam penggunaannya. Jenis penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi berbagai tahapan. Dimulai dari tahap mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, memvalidasi desain produk, mengujicoba produk, sampai pada tahap menjadi produk akhir yang siap diproduksi massal. Variabel penelitian ini meliputi uji kelayakan booklet, hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik, serta tanggapan guru dan peserta didik terhadap penggunaan booklet. Hasil uji kelayakan produk yang dinilai oleh validator menunjukan kriteria sangat layak. Ahli materi memberikan nilai kelayakan sebesar 98%. Ahli media memberikan nilai kelayakan sebesar 93%. Ahli bahasa memberikan nilai kelayakan sebesar 92%. Guru Mata Pelajaran memberikan nilai kelayakan sebesar 95%. Rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen mencapai 56,48 dan kelas kontrol mencapai 58,33. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 88,97, sedangkan kelas kontrol hanya 81,02. Persentase hasil tanggapan Guru Mata Pelajaran terhadap penggunaan booklet sebagai media pembelajaran mencapai angka 96%, sedangkan persentase hasil tanggapan Peserta Didik mencapai angka 89,50% yang termasuk dalam kriteria sangat setuju. Simpulan penelitian ini adalah booklet merupakan bentuk inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran Geografi yang berbasis media cetak. Sebuah buku kecil perpaduan antara konsep buku, leaflet, dan buku saku yang berukuran kecil dan tipis. Uji kelayakan booklet yang divalidasi oleh para ahli memberikan penilaian bahwa booklet sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Geografi, khususnya pada materi Dinamika Litosfer dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan di Muka Bumi kelas X SMA. Rata-rata nilai pre-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Penggunaan booklet sebagai media pembelajaran Geografi, mampu meningkatkan prestasi belajar secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Tak hanya itu, aktivitas peserta didik di kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Persentase hasil tanggapan Guru Mata Pelajaran dan Peserta Didik menunjukan bahwa mereka sangat setuju apabila booklet digunakan sebagai media pembelajaran Geografi khususnya pada materi Dinamika Litosfer dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan di Muka Bumi kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, booklet
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 14:48
Last Modified: 08 Nov 2017 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27262

Actions (login required)

View Item View Item