ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMK ALAM KENDAL TAHUN 2015


Septiyani , 3201411024 (2016) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMK ALAM KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (529kB) | Preview

Abstract

Pendidikan formal di Indonesia saat ini yang kaku dan baku, cenderung membuat siswa jenuh, dan di khawatirkan mampu menurunkan karakter, kreativitas, dan perkembangan siswa, karena proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Konsep belajar alam di ruang kelas adalah mengamati fenomena secara nyata dari lingkungan dan memanfaatkan apa yang tersedia di alam sebagai sumber belajar sekaligus media pembelajaran atau disebut dengan pembelajaran luar kelas. Konsep tersebut yang kemudian dicoba untuk diterapkan di SMK Alam Kendal sebagai sekolah berbasis alam. Berdasarkan hasil wawancara mengenai penggunaan model pembelajaran luar kelas di sekolah tersebut, peneliti ingin meneliti kesesuaian penggunaan model pembelajaran di lapangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui kesesuaian pelaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di lapangan guru, 2) Mengetahui kesesuaian hasil yang dicapai dengan tujuan yang telah direncanakan, 3) Menganalisis kesesuaian penggunaan model pembelajaran pembelajaran luar kelas mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup. Responden dalam penelitian ini adalah kelas X dan kelas XI, dimana seluruh siswa diambil sebagai subjek penelitian yaitu berjumlah 9 orang serta seorang guru. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup, yang kemudian dikaitkan dengan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) Metode dokumentasi, 2) Metode observasi, 3) Metode Wawancara, dan 4) Metode Tes. Analisis data dilakukaan dengan metode deskripsi presentase untuk mendiskripsikan hasil perhitungaan semua variabel. Berdasarkan hasil penelitian kesesuaian penggunaan model pembelajaran oleh guru di kelas X dan XI diperoleh hasil bahwa guru sudah sesuai dengan tahapan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil yang dicapai siswa kelas X pada materi sampah dilihat dari ranah kognitif sudah mencapai KKM yaitu 79, ranah afektif dikategorikan dalam kriteria aktif sebesar 77,67%, dan ranah psikomotor dikategorikan cukup sesuai dengan tujuan yaitu sebesar 76,83%. Pada materi manfaat air, siswa kelas XI memperoleh hasil pada ranah kognitif yaitu kategori tuntas dengan rata-rata nilai 79,58, ranahafektif sebesar 75,59% masuk dalam kriteria aktif, dan ranahpsikomotor yang dikategorikan sesuai dengan tujuan yang direncanakan sebesar 80,89%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran luar kelas dan Pendidikan Lingkungan Hidup
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 14:43
Last Modified: 08 Nov 2017 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27261

Actions (login required)

View Item View Item