MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PENGUJIAN CBR PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH 2 PRODI TEKNIK SIPIL S1 UNNES


Nova Arif Hidayat, 5101411049 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PENGUJIAN CBR PADA MATA KULIAH MEKANIKA TANAH 2 PRODI TEKNIK SIPIL S1 UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu mekanika tanah merupakan ilmu dasar yang mempelajari sifat dan karakteristik tanah untuk mengetahui kekuatan fisik tanah diantaranya pada pengujian CBR (California Bearing Ratio). Berdasarkan identifikasi diperlukan perlu adanya sebuah pembelajaran yang lebih inovatif dalam memahami materi yang disampaikan dan pada prosedur penggunaan alat khususnya alat CBR salah satunya dengan media berbasis audio visual. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Teknik Sipil angkatan 2014 Universitas Negeri Semarang, Terdapat 2 kelas yaitu Rombel 1 dan Rombel 2 dengan total mahasiswa sebanyak 77 orang dengan menggunakan metode Direct Instruction dan didampingi media audio visual selama 45 menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pemahaman materi mahasiswa diperoleh nilaiprosentaserata-rata dari 77 mahasiswa 80,98% sehingga pemahaman materi mahasiswa dapat digolongkan dalam tingkatan “baik”. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penambahan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan metode Direct Instruction dapat meningkatkan pemahaman tentang materi dan pengolahan data praktikum mekanika tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Mekanika Tanah 2
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 14:50
Last Modified: 08 Nov 2017 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27260

Actions (login required)

View Item View Item