PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PERILAKU KEBERSIHAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DI DESA KARANGBRAI KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015


Wilda Asyrafa Elmaela , 3201411023 (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PERILAKU KEBERSIHAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DI DESA KARANGBRAI KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (594kB) | Preview

Abstract

Peilaku kebersihan lingkungan difokuskan pada kenyataan hidup manusianya dan dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan, di Desa Karangbrai pendidikannya tergolong rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat pendidikan ibu rumah tangga. 2) Bagaimana perilaku ibu rumah tangga dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, 3) Bagaimana Pengaruh Tingkat Pendidikan ibu rumah tangga terhadap perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah 1) Untuk mengetahui tingkat pendidikan ibu rumah tangga, 2) Untuk mengetahui perilaku ibu rumah tangga dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, 3) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan ibu rumah tangga terhadap perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal. Populasi penelitian adalah ibu rumah tangga di Desa Karangbrai Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang sebanyak 760 Orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proposional random sampling, sampel sebanyak 114 orang yaitu 15% dari jumlah populasi. Variabel penelitian adalah tingkat pendidikan dan perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal. Data menggunakan metode dokumentasi, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari tingkat pendidikan responden termasuk dalam kriteria rendah. Perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal responden mayoritas dalam kriteria kurang baik. Persamaan regresinya yaitu Y = 10.452 + 4.794 X. Setelah diadakan uji keberartian persamaan regresi menggunakan uji t, diperoleh harga sebesar 24,198. Pada taraf signifikan 5% dengan dk = (114-2) =112 diperoleh sebesar 1,98 Karena > maka persamaan regresi tersebut signifikan dan ini berarti ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal di Desa Karangbrai Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil perhitungan variabel tingkat pendidikan ibu rumah tangga (X) memberikan pengaruh sebesar 84,72% terhadap perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal. Kesimpulan, bahwa perilaku kebersihan lingkungan tempat tinggal di daerah penelitian lebih banyak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan ibu rumah tangga dan masuk di kriteria kurang baik. Saran yang diajukan yaitu perlu adanya penyuluhan bahwa pendidikan itu sangat penting, perlu adanya penyuluhan tentang pengaruh pendidikan terhadap perilaku akan kebersihan lingkungan tempat tinggal sehingga mereka akan tahu pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal sehingga dapat terciptanya lingkungan yang sehat dan kesehatan diri pun terjaga dari berbagai macam penyakit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Perilaku, Kebersihan Lingkungan, Tempat Tinggal
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 14:39
Last Modified: 08 Nov 2017 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item