FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TUNTAS OLEH GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN BREBES


Tika Aulia Nurhidayah , 3201411021 (2016) FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TUNTAS OLEH GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (660kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan akumulasi nilai ulangan harian di beberapa SMA Negeri di Kabupaten Brebes bahwa siswa yang belum mencapai ketuntasan mata pelajaran geografi tergolong masih tinggi mencapai <44,4%. Siswa yang tidak mencapai ketuntasan pada ulangan harian, hanya mendapat perbaikan nilai berupa tes ulangan. Guru hanya memberikan ujian ulang kepada peserta didiknya tanpa melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berdasarkan analisis hasil peserta didik, guru tidak menyusun rencana program pengajaran remedial yang menunjukan bahwa pembelajaran remedial belum dilaksanakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa faktor kendala pelaksanaan pembelajaran tuntas oleh guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui faktor kendala pelaksanaan pembelajaran tuntas oleh guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri Kabupaten Brebes. Lokasi penelitian di SMA Negeri Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di 16 SMA Negeri Kabupaten Brebes yang berjumlah 32 guru. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, maka sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu mengambil semua populasi sebagai responden yang mengajar di 16 SMA Negeri di Kabupaten Brebes yang berjumlah 32 guru. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor kendala bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tuntas. Metode pengumpulan data adalah angket dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala pelaksanaan pembelajaran tuntas tergolong tinggi yaitu adanya ketidakserasian guru dalam menetapkan skor pada ketiga komponen KKM baik komponen kompleksitas, sumber daya pendukung maupun intake, guru belum memanfaatkan hasil evaluasi belajar siswa secara cermat pada kompetensi dasar dan indikator dalam mendiagnostik kesulitan belajar siswa, dan guru selama ini melaksanakan remedial hanya berbentuk tes ulang. Berdasarkan penelitian disarankan guru hendaknya menentukan skor pada ketiga komponen KKM (komponen kompleksitas, sumber daya pendukung, intake) disesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek sehingga penetapan skor dapat serasi, supaya menggunakan seluruh sarana prasarana yang belum termanfaatkan, memanfaatkan hasil evaluasi belajar siswa lebih cermat pada masing-masing kompetensi dasar dan indikator, dan memperhatikan prosedur pembelajaran remedial agar pembelajaran remedial tidak sekedar tes ulang tetapi bentuk pelaksanaan remedial disesuaikan dengan sifat, jenis dan latar belakang kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Pembelajaran Tuntas, Geografi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 14:21
Last Modified: 08 Nov 2017 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27257

Actions (login required)

View Item View Item