SURVEI MOTIVASI SISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SEKOLAH DASAR SE–KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016


Putri Prastiwi Wulandari, 6102412030 (2016) SURVEI MOTIVASI SISWA MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SEKOLAH DASAR SE–KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102412030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya jumlah peminat ekstrakurikuler sehingga terjadi kesenjangan regenerasi cabang sepak takraw serta masih kurangnya dukungan dari pihak Dinas UPTD Kecamatan Borobudur dan Sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw di sekolah dasar se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang?”. Sedangkan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw se-Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang tahun 2016. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif persentase. Subjek dari penelitian ini adalah 85 siswa sekolah dasar, pelatih, kepala sekolah, dan kepala unit pelaksana teknis Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Secara keseluruhan motivasi intrinsik siswa diperoleh hasil sebagai berikut (a) adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil, (b) keinginan untuk memelihara kesehatan, (c) adanya potensi, (d) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, (e) Adanya harapan dan cita-cita masa depan, sedangkan untuk motivasi ekstrinsik diperoleh hasil sebagai berikut (a) Sosial dan budaya, (b) adanya penghargaan dalam pembelajaran, (c) adanya umpan balik dalam pembelajaran, (d) adanya kegiatan yang menarik dalam pembelajaran, (e) sarana dan fasilitas. 2) Minat siswa secara keseluruhan diperoleh hasil sebagai berikut (a) ketertarikan, (b) perasaan senang, (c) perhatian, (d) keterlibatan. 3) Terkait dengan dukungan dari pihak sekolah dan Dinas UPTD Kecamatan Borobudur diperoleh hasil bahwa pihak sekolah dan Dinas UPTD sangat mendukung dengan adanya pengadaan sarana prasarana dan membuat kebijakan untuk menambah anggaran untuk kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan motivasi dan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw sangat tinggi. Dukungan dari pemerintah daerah khususnya UPTD Kecamatan Borobudur dan pihak sekolah juga sangat besar terhadap kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw. Oleh karena itu peneliti ingin memberikan saran: 1) sangat diperlukan kerjasama yang baik dengan orang tua untuk menunjang prestasi anak dan diperlukan sarana dan fasilitas yang lebih memadai, (2) perlunya keterlibatan anak secara aktif melalui kegiatan ekstrakurikuler, (3) sangat diperlukan tambahan anggaran dana untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: survei, ekstrakurikuler, Sepak Takraw.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 08 Nov 2017 13:32
Last Modified: 08 Nov 2017 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item