PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X DI SMK NEGERI 3 SEMARANG


Agung Prasetyo, 5101411044 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X DI SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas mata pelajaran ukur tanah program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Semarang ditemukan beberapa permasalahan. Siswa kelas X kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar yang didapat siswa belum mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan guru. Rumusan masalah penelitian “Seberapa besar pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis media peraga dapat membantu siswa dalam menguasai pokok bahasan materi peralatan ukur jenis optik pesawat penyipat datar (PPD)?. Seberapa besar pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis media peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Semarang?’’ Jenis penelitian adalah penelitian quasi experimental design, dilakukan dengan dua kelas, kelas eksperimen menggunakan kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) 2 dan untuk kelas kontrol menggunakan kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) 1. Setiap pertemuan dilakukan penilaian pengamatan proses kegiatan belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai ketuntasan kelas eksperimen sebesar 94,44 % dan kelas kontrol 72,22%, nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas dengan kontrol. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai kognitif sebesar 83,92 dan untuk kelas kontrol sebesar 77,56, untuk peningkatan afektif kelas eksperimen sebesar 8,54 dan kelas kontrol sebesar 6,53, nilai peningkatan psikomotorik pada kelas eksperimen sebesar 7,35 dan kelas kontrol sebesar 3,78. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran project based learning berbasis media peraga membantu siswa dalam memahami materi peralatan ukur jenis optik pesawat penyipat datar (PPD) dan hasil belajar siswa berupa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa meningkat. Saran yang diberikan peneliti yaitu guru hendaknya dapat menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan kondisi siswa dan materi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning Berbasis Media Peraga, Hasil belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 13:20
Last Modified: 08 Nov 2017 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27255

Actions (login required)

View Item View Item